FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN HANDPHONE CERDAS (SMARTPHONE) DI KOTA PONTIANAK

RAY MADE LUCIANA DEWI SUYANA B11211065

Abstract


Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah semua penduduk kota Pontianak yang menggunakan handphone cerdas (smartphone). Sampel sebanyak 100 responden, teknik pengambilan sampel menggunakan aksidental dimana pengambilan sampel dilakukan berdasarkan kebetulan. Pengukuran data menggunakan skala Linkert, data diolah dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian, secara simultan (Uji F) menerima hipotesis adanya pengaruh faktor keputusan pembelian (bauran pemasaran) yang terdiri dari produk (product), harga (price), distribusi (place), dan promosi (promotion) secara simultan terhadap keputusan pembelian konsumen pada smartphone di Pontianak, dengan determinansi sebesar 58,3% dipengaruhi variabel penelitian. Dominansi secara parsial terhadap keputusan pembelian secara berturut-turut lebih dikarenakan oleh faktor promosi (promotion) dan produk (product), sementara faktor distribusi (distribution) dan harga (price) dalam penelitian ini dapat dikatakan berpengaruh sangat lemah.

Kata Kunci : Keputusan Pembelian, Bauran Pemasaran

Full Text:

PDF Untitled ()


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/ejme.v3i4.10251

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher: Master of Management Program, Faculty of Economics and Business, Universitas Tanjungpura

Editorial Address: Jalan Profesor Doktor Haji Hadari Nawawi,
Kecamatan Pontianak Tenggara, Bansir Laut, Kec. Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78115.

Creative Commons License
Equator Journal of Management and Entrepreneurship is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.