PONTIANAK ELECTRONIC & E-SPORT CENTRE (PEEC) DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR HI-TECH

Frendi Frendi

Abstract


Perkembangan IPTEK di era globalisasi ini telah membawa manfaat luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia. Salah satunya adalah kegiatan komunikasi melalui dunia virtual dengan mengandalkan media eletronik dan jaringan. E-sport atau singkatan dari Electronic sport adalah olahraga yang dilakukan pada media elektronik berupa game. Saat ini E-sport menjadi aktivitas yang dilakukan oleh banyak orang di seluruh dunia termasuk Indonesia. Hal ini membuktikan elektronik sudah semakin berkembang dan terjadi peningkatan kebutuhan pada barang-barang elektronik. Kota Pontianak sebagai ibukota provinsi Kalbar belum memiliki sebuah pusat perbelanjaan barang-barang elektronik yang lengkap seperti kota-kota lain di Indonesia. Dalam memenuhi perlengkapan elektronik, masyarakat Kota Pontianak harus membeli di toko elekronik yang terpecah dan terbagi di beberapa tempat di Kota Pontianak. Maka dari itu diperlukan wadah untuk masyarakat mendapatkan barang-barang elektronik dan wadah yang dapat menampung minat masyarakat Kota Pontianak melakukan aktivitas E-sport.Perkembangan dan kemajuan teknologi menghadirkan gaya arsitektur dengan memperlihatkan teknologi dalam bangunan dengan mengekspos teknologi-teknologi yang digunakan dalam bangunan seperti struktur, ultilitas bahkan interior. Pendekatan arsitektur Hi-tech ini merupakan hal yang paling sesuai dengan fungsi bangunan karena lahir dari perkembangan teknologi pada masa kini serta mampu menggambarkan perkembangan di masa depan.

 

Kata kunci: Electronic centre, Game centre,E-sport centre, Arsitektur Hi-tech & Pontianak


Full Text:

PDF PDF

References


Asmoro, B. 2015. Landasan Konseptual Perencanaan dan Perancangan Observatorium dan Museum Antariksa Di Kabupaten Gunungkidul. Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Yogyakarta

Beddington, N. 1982. Design for Shopping Center. Butterworth Scientific. London

Budipermana, Candra Wirawan Y. R. 2012. Semarang Electronic Trade Center. IMAJI. Semarang

Davies, C. 1988. High Tech Architecture. Rizzoli International Publications Universitas Michigan. Michigan

Harahap, L. A. 2011. Landasan Konseptual Perencanaan Dan Perancangan Game Centre Di Yogyakarta. Universitas Atma Jaya. Yogyakarta

Poerwadarminta, W. J. S. 1976. Kamus Umum Bahasa Indonesia. PN Balai Pustaka. Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.