EVALUASI PASCA HUNI TERHADAP ASPEK FUNGSIONAL KAWASAN LEMBAGA PERGURUAN MUJAHIDIN PONTIANAK

Muhammad Hary Raihan

Abstract


Lembaga Perguruan Mujahidin adalah sekolah Islam terpadu yang didirikan dan beroperasi sejak tahun 1982. Lembaga Perguruan Mujahidin mengalami pasca huni dari standar dan perancangan masa lalu sehingga diperlukan peninjauan kembali terhadap bangunan dan lingkungan binaan. Tujuan penelitian ini untuk meninjau kembali bangunan dan lingkungan terhadap aspek fungsional yaitu pengelompokan fungsi, sirkulasi, faktor manusia, dan fleksibilitas/perubahan pada Lembaga Perguruan Mujahidin. Hasil yang diharapkan berupa rekomendasi usulan desain sebagai acuan pengembangan mendatang. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik penelitian menggunakan teknik komparasi untuk membandingkan hasil responden pasca huni terhadap standar dan hasil perancangan/perencanaan masa lalu di Lembaga Perguruan Mujahidin. Hasil penelitian menunjukkan hasil responden pasca huni terhadap standar dan perancangan/perencanaan masa lalu telah berhasil karena sebagian besar menyatakan nyaman terhadap aspek fungsional dengan hasil yaitu 57.80% pengelompokan fungsi, 78.70% sirkulasi ruang luar, 80.50% sirkulasi ruang dalam, 72.90% faktor manusia, dan 61.30% fleksibilitas/perubahan. Rekomendasi usulan desain dihasilkan berdasarkan hasil pasca huni untuk menyelesaikan permasalahan pada aspek fungsional di Lembaga Perguruan Mujahidin berupa perubahan fasade, sirkulasi, penataan ulang tata ruang dalam dan tata ruang luar untuk acuan pengembangan mendatang.

 

Kata kunci: Evaluasi Pasca Huni, Lembaga Perguruan Mujahidin


Full Text:

PDF PDF

References


Ching, Francis D.K. 2008. Arsitektur, Bentuk, Ruang, dan Tatanan (Edisi Ketiga). Erlangga. Jakarta

Haryadi; Slamet. 1996. Evaluasi Pasca Huni. Program Pendidikan Pasca Sarjana Magister Manajemen Rumah Sakit Kerjasama Depkes RI. Jakarta

Preiser, Wolfgang F.E; Harvey Z. Rabinowitz; Edward T. White. 1998. Post Occupancy Evaluation. Van Nostrand Reinhold Company. New York

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nasional No. 24 Tahun 2007 tentang Standar Sarana dan Prasarana Untuk Sekolah. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Jakarta

Sudibyo, S. 1989. Aspek Fungsi dan Teknis Post Occupancy Evaluation dan Beberapa Metodologi Penelitian. Universitas Trisakti. Jakarta

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta. Bandung


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.