GALERI MOTOR BANDONG DI KABUPATEN SINTANG PROVINSI KALIMANTAN BARAT

Indrazitto Indrazitto

Abstract


Salah satu objek wisata populer di Kabupaten Sintang adalah galeri kapal bandong. Objek wisata ini menyajikan edukasi sejarah dan budaya masyarakat Sintang. Kondisi objek wisata tersebut saat ini kurang mendapat perhatian. Hal ini dapat dilihat dari fasilitas sarana dan prasarana yang kurang memadai sehingga mengurangi daya tarik objek wisata ini. Oleh karena itu diperlukan suatu penataan ulang kawasan objek wisata Galeri Kapal Bandong di Kabupaten Sintang sesuai dengan kebutuhan. Penataan Kawasan dilakukan melalui perbaikan fasilitas yang ada serta penambahan sarana dan prasarana penunjang sesuai dengan fungsinya, sehingga menjadi lebih baik dari sebelumnya. Motor bandong merupakan bangunan eksisting yang menjadi acuan dalam menemukan konsep bentuk. Oleh karena itu landmark kawasan menggunakan motor bandong. Ide bentukan motor bandong diterapkan pada bangunan restoran dan pameran temporer. Ide tersebut direalisasikan dengan penambahan dan pengurangan massa berdasarkan tahap analisa internal dan eksternal serta literatur-literatur terkait galeri motor bandong. Adapun bentukan melengkung merupakan visualisasi gelombang air sebagai pendukung dari motor bandong. Bentukan melengkung tersebut diterapkan pada bangunan pendukung dan penunjang dengan pertimbangan dimensi sesuai dengan analisa yang telah dilakukan. Perancangan ini dilengkapi dengan fasilitas, seperti workshop, taman, aula, gazebo, restoran, dan sebagainya.


Full Text:

PDF PDF

References


Aditama, Prasetia. 2011. Jogja Resto dan Galeri, Restoran dan Galeri Seni Lukis di Yogyakarta. Skripsi Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Yogyakarta

Adler, David. 1999. Metric handbook Planning and Design Data. The Architectural Press. London

Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Sintang. 2016. Rencana tata ruang wilayah Kabupaten Sintang 2016-2036. Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Sintang.

Neufert, Ernest. 1996. Data Arsitek. Erlangga. Jakarta

Neufert, Ernest. 2002. Data Arsitek. Erlangga. Jakarta

Prasetia, Andi. 2005. Restoran dan Galeri. Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Yogyakarta

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka. Jakarta

Sumadio, Bambang. 1996. Bunga Rampai Permuseuman. Direktorat Permuseuman. Jakarta

Tutt, Patricia and Adler, David. 1979. New Metric Handbook. The Architectural Press . London


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.