TECHNO PARK DI KOTA PONTIANAK

Mega Nidea Putri

Abstract


Badan Perencanaan Pembangunan Nasional menetapkan sebuah kebijakan membangun 100  Techno Park dan Science Park di daerah–daerah kabupaten/kota. Kota Pontianak merupakan kota dengan potensi dan keunikan dapat menjadi tambahan bahasan ilmu pengetauan menarik pada pembangunan Techno Park sebagai wadah pembelajaran ilmu pengetauan dan teknologi. Metode penulisan dimulai dengan tahap gagasan berupa perumusan permasalahan. Tahap selanjutnya berupa tahap pengumpulan data, data yang dikumpulkan berupa teori mengenai Techno Park dan studi kasus bangunan serupa. Tahap analisis menghasilkan konsep dan hasil perancangan. Permasalahan design Techno Park di Kota Pontianak terletak pada upaya menggabungkan fungsi wisata dan edukasi. Techno Park di Kota Pontianak dengan konsep Techno for Nature ini memberikan pengalaman belajar ilmu pengetahuan dan teknologi secara umum dengan wahana-wahana indoor dan outdoor dan pada pengaplikasian di bangunan itu sendiri. Konsep ini diaplikasikan dengan menggabungkan gubahan indoor dan outdoor dengan sirkulasi secara linear. Konsep Techno for Nature diaplikasikan pada sistem utilitas berupa pemanfaatan sumber berupa air hujan dan cahaya matahari dan sistem struktur yang diekspos sehingga menjadi bahasan pengetahuan. konsep Techno for Nature pada Techno Park di Kota Pontianak ini dapat menjadi wadah wisata edukasi yang mudah dipahami dan memberikan pengalaman menarik dalam hal menambah ilmu pengetahuan umum dan teknologi.

 

Kata kunci: Wisata,  Edukasi, Techno Park


Full Text:

PDF PDF

References


Frick, Heinz; Pujo .L, Setiawan. 2007. Ilmu Konstruksi Perlengkapan dan Utilitas Bangunan. Kanisius. Yogyakarta.

Hayaturah, Rizna; Cut Azura, Utami. 2015. Arsitektur Lansekap. Universitas Syiah Kuala Darussalam. Aceh.

Kementerian Negara Riset dan Teknologi. 2006. Peraturan Menteri Negara Riset dan Teknologi Nomor:09/M/PER/XI/2006 tentang Standar Pelayanan Minimum Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PP IPTEK). Menteri Negara Riset dan Teknologi Republik Indonesia. Jakarta.

Kementrian Perencanaan Pembangunan Nasional; Badan Perencanaan Pembangunan Nasional. 2015. Pedoman Perencanaan Science Park dan Techno Park Tahun 2015-2019. Bappenas. Jakarta.

Marlina, Endy. 2008. Panduan Perancangan Bangunan Komersial. ANDI. Yogyakarta..

Rifai, H. Tb. Bachtiar. 1986. Perspektif dari Pembangunan Ilmu dan Teknologi. PT Gramedia. Jakarta.

Staley, Eugene. 1970. Technology and Developing Nations. Basic Book Inc. London.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.