Perancangan Pondok Pesantren Tahfidz Al-Karimah di Kabupaten Kubu Raya

Uray GK Putra

Abstract


Yayasan Pendidikan Cahaya Khatulistiwa (YPCK) merupakan Lembaga yang bergerak di bidang Pendidikan Agama Islam Terpadu. YPCK merencanakan sebuah Pondok Pesantren menghafal Al-Qur'an untuk anak usia Sekolah Menengah Pertama (SMP). Permasalahan perancangan terletak pada metode menghafal Al-Qur'an yang memerlukan suasana tenang serta mendukung proses perkembangan anak remaja baru. Tujuan perancangan adalah dapat mewujudkan Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an dengan menerapkan konsep ruang yang menyatu dengan alam. Metode tahapan pada perancangan ini dimulai dari Tahap Gagasan, Pengumpulan Data, Analisis, Sintesis, Pra-Rancangan dan Tahap Pengembangan Rancangan. Lokasi perancangan berada di Gang Hidayah, Jalan Ahmad Yani II Kabupaten Kubu Raya. Perancangan ini terdiri dari beberapa massa bangunan yaitu: bangunan Masjid, Sekolah, Asrama, Pengelola dan Area Permukiman Ustadz. Konsep utama perancangan Pondok Pesantren adalah ruang terbuka hijau yang dapat mewadahi kegiatan tahfidz. Penerapan konsep ruang terbuka berupa taman tahfidz yang nyaman, rimbun, luas dan dapat menjadi datum pada lingkungan Pondok Pesantren. Hasil perancangan yang diperoleh yaitu: bangunan Masjid dijadikan sebagai jantung pesantren dengan perletakan di bagian tengah kawasan. Bangunan rumah Kiai sebagai hijab atau pemisah antara zona pria dan wanita. Area tahfidz dan bangunan sekolah dibuat berdekatan agar saling terintegrasi. Bangunan Asrama diletakkan pada bagian belakang sebagai zona privasi.

 

Kata kunci: Kubu Raya, Pendidikan Islam, Pondok Pesantren, Tahfidzul Qur'an


Full Text:

PDF PDF

References


Ade. 2009. Identitas Dan Karakteristik Peserta Didik Usia Sekolah menengah Pertama. Program Pengembangan Kompetensi profesi Pendidik Universitas Ahmad Dahlan. Yogyakarta

Akbar, Ali; Hidayatullah Ismail. 2016. Metode Tahfidz Al-Qur'an di Pondok Pesantren Kabupaten Kampar. Jurnal Ushuluddin Vol. 24 No. 1. Hlm 97-99. Universitas Islam Sultan Syarif Kasim. Riau

Badan Peraturan Pemerintah Daerah Kabupaten Kubu Raya. 2009. Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Kubu Raya. Sekretariat Daerah. Sungai Raya

Badan Pusat Statistik Kabupaten Kubu Raya. 2009. Kabupaten Kubu Raya Dalam Angka. Sekretariat Daerah. Sungai Raya

Dhofier, Zamakhsyari. 1982. Studi tentang Pandangan Hidup Kyai. LP3S. Jakarta

Faizah, Maidatul. 2012. Metode Pembelajaran Tahfidzul Qur’an Pondok Pesantren Daarul Qur’an. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Salatiga. Salatiga

Kasiyan. 2013. Nirwana Warna. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2009. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No.19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan. Sekretariat Negara. Jakarta

Ilarosmaria, Laily. 2015. Perancangan Pesantren Tahfidz Yatim Piatu di Kota Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Malang

Lutfiah, Fifi. 2011. Hubungan Antara Hafalan Al-Qur'an Dengan Prestasi Belajar Al-Qur'an Hadist Siswa MTS Asy-Syukuriyyah Cipondoh Tanggerang. Fakultas Ilmu Tarbiyah Universitas Islam Syarif Hidayatullah. Jakarta

Lutfy, Ahmad. 2013. Metode Tahfidzh Al-Qur'an. Studi Komparatif Tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Madrasah al-Hufadzh. Jurnal Ushuluddin Vol.14 No. 2 Hlm. 15-17

Nawawi. 2006. Sejarah dan Perkembangan Pesantren, jurnal ibda' Vol.4 No. 1 Hlm 4-19

Nurzuraicha, Diska. 2009. Pusat Rekreasi dan Pengenalan Profesi Anak di Yogyakarta. Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Yogyakarta

Zarkasyi, Amal . 1998. Pondok Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan dan Dakwah. Menara Kudus. Kudus


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.