PERANCANGAN BIOSKOP DI KOTA PONTIANAK DENGAN FASILITAS PENDUKUNG YANG REKREATIF

Rahmatul Hadi

Abstract


Menonton film di bioskop saat ini telah menjadi sebuah kebutuhan bagi masyarakat seiring dengan pertumbuhan ekonomi penduduk. Bioskop saat ini tidak memiliki fasilitas pendukung yang bersifat rekreatif sehingga penonton tidak betah berlama-lama pada saat menunggu pemutaran film. Bioskop adalah suatu perusahaan/usaha yang bergerak di dalam bidang pemutaran film untuk umum atau semua golongan masyarakat dengan pembayaran dilakukan pada tempat/bangunan tertentu. Dalam perkembangannya, gedung bioskop telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas hiburan penunjang lainnya. Adapun fasilitas pendukung yang akan disediakan berupa game center, cafe, lounge dan smoking area. Perancangan gedung bioskop di Kota Pontianak ini mengutamakan perancangan sebuah bioskop dengan fasilitas pendukung yang bersifat rekreatif. Bangunan yang dirancang memiliki satu masa bangunan yang berbentuk persegi panjang mengikuti site yang akan dibangun. Bangunan memiliki fasilitas pendukung yang dapat membuat pengunjung merasa nyaman saat menunggu pemutaran film di bioskop. Interior bangunan dibuat dengan sedemikian rupa agar menghasilkan kualitas suara yang baik, furnitur di dalamnya juga diletakkan dengan jarak sesuai dengan penggunanya. Bahan penutup dinding dan plafon di dalamnya juga menggunakan bahan yang menyerap bunyi. Bentuk plafon dirancang agar tidak menghasilkan gema di dalam ruangan. Dengan demikian pengunjung akan merasa betah jika berada di bioskop.

 

Kata kunci: Gedung bioskop, Kota Pontianak, Fasilitas Pendukung Rekreatif

 


Full Text:

PDF PDF

References


Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Bahasa Indonesia. Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta

Mediastika, Christina E. 2005. Akustika Bangunan. Erlangga. Jakarta

Satwiko, Prasasto. 2009. Fisika Bangunan. CV.Andi Offset. Yogyakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jmars.v5i2.21673

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Editorial Office/Publisher Address:
Department of Architecture, Faculty of Engineering, Universitas Tanjungpura Pontianak, Jl. Prof. Dr. H. Hadari Nawawi, Pontianak, 78124, Kalimantan Barat, Indonesia. 

Email: [email protected]