PUSAT PERBELANJAAN MALL DI KABUPATEN KUBU RAYA

Gradia Tutu Sari

Abstract


Kecenderungan untuk mengupayakan efektifitas komersial mengakibatkan terjadinya pergeseran wadah bagi kegiatan perdagangan. Sehingga, sistem seperti pertokoan linear (shopping street) dan pasar tradisional mulai ditinggalkan dan beralih ke bentuk pusat perbelanjaan modern, yaitu Mall yang tidak hanya menawarkan kelengkapan namun juga kenyamanan, kemudahan serta efektifitas komersial yang lebih tinggi, didukung oleh  jumlah penduduk dan pendapatan perkapita yang cukup tinggi, Kabupaten Kubu Raya membutuhkan Pusat Perbelanjaan Mall sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan tempat berbelanja sekaligus tempat hiburan keluarga bagi masyarakat Kubu Raya dan di sekitarnya. Perancangan Pusat Perbelanjaan Mall di Kabupaten Kubu Raya berdasarkan pada konsep fungsi yang diwadahi oleh Mall mencakup fungsi utama yaitu untuk kegiatan perbelanjaan serta fungsi penunjang yaitu kegiatan edukatif atau pendidikan dan rekreasi. Permasalahan pada proses perancangan ini ialah menyatukan beberapa fungsi kegiatan yang berbeda antara kegiatan perbelanjaan dan edukatif serta kegiatan rekreasi dan menggabungkan dua fungsi tersebut ke dalam satu bangunan yang saling terintegrasi satu sama lain. Hasil laporan perancangan berupa konsep internal dan eksternal sebagai pedoman dalam merancang bangunan Pusat Perbelanjaan Mall di Kabupaten Kubu Raya.

 

 

Kata kunci: Kegiatan perdagangan, Pusat perbelanjaan, Mall


Full Text:

PDF PDF

References


Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Kabupaten Kubu Raya. 2002. Rencana Tata Ruang dan Tata Wilayah Kabupaten Kubu Raya. Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Kabupaten Kubu Raya. Kubu Raya

Beddington, Nadine. 1982. Design for Shopping Centers. Butterworth Scientific. London

Cipta, Cakra D.P. 2012. Perancangan Perpustakaan Daerah Kota Pontianak dengan Menggunakan Metode Penghawaan Ground Cooled System. Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura. Pontianak

Edgar, Lion P. Eng. 1976. Shopping Center, Planning and Administration. John Willey and Sons.Inc. USA

Lynda, Wee Keng Neo dan Tong Kok Wing. 2005. The 4rs of Asian Shopping Centre Management (4 Langkah Penting dalam Manajemen Pusat Perbelanjaan Asia). P.T Buana Ilmu Populer. Jakarta

Ma’ruf, Hendri. 2005. Pemasaran Ritel. P.T Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Rubenstein, Harvey. M. 1978. Central City Mall. A. Wiley Intersciene Publication. New York

Trancik, Roger. 1986. Finding Lost Space : Theories of Urban Design. Van Nostrand. New York


Refbacks

  • There are currently no refbacks.