PERAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA BAGI PENINGKATAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA ATLET DI ASRAMA PPLP KALIMANTAN BARAT

Ahmad Omchan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara dukungan sosial dengan motivasi berprestasi. Menggunakan metode penelitian kuantitatif dan bentuk penelitian korelasi. Pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling  dengn jumlah sampel sebanyak 35 orang atlet yang bertempat tinggal di asrama PPLP Kalimantan Barat. Instrumen penelitian menggunakan skala dukungan sosial yang berjumlah 21 item dengan reliabilitas α = 0,869, skala motivasi berprestasi yang berjumlah 12 item dengan reliabilitas α = 0,780. Kategorisasi pada variabel dukungan sosial dengan kategori sedang persentasinya adalah 80%, kategori tinggi persentasinya adalah 11,42%, dan 8,57% sisanya berada pada kategorisasi rendah. Kemudian variabel motivasi berprestasi dengan kategorisasi sedang sebesar 74,28%, kategori tinggi persentasinya adalah 5,71%, dan sisanya berada pada kategorisasi rendah sebesar 20%. Hasil analisis data menunjukkan terdapat hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan motivasi berprestasi dengan nilai signifikansi p sebesar 0,034 (p < 0,05) dengan koefisien korelasi sebesar r = 0,359

Full Text:

PDF

References


Azwar, S. 2013. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Bompa, Tudor O.1990. Theory and Methodology of Training 2nd Edition. New York: Kendall/Hunt Publishing Company

Hurlock, E. B., 1999. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga

Mylsidayu, A. 2014. Psikologi Olahraga. Jakarta: Bumi Aksara

Putri, E. P. 2014. Hubungan Dukungan Sosial Orangtua, Pelatih, dan Teman Sebaya Dengan Motivasi Berprestasi Olahraga Basket Pada Mahasiswa Atlet Basket Universitas Surabaya. Jurnal Ilmiah Universitas Surabaya, 1.

Raharjo, T. S. 2017. Pedoman pengelolaan Pusat Pendidikan Dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP). Jakarta: Kementrian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia.

Rahayu, E. 2015. Hubungan Antara Goal- Setting dan Motivasi Berprestasi Dengan Prestasi Atlet Renang. Jurnal Universitas Negeri Surabaya. 3

Rozali, Y. A., & Sakti, G. F. 2015. Hubungan Dukungan Sosial Dengan Kepercayaan Diri Pada Atlet Cabang Olahraga Taekwondo Dalam Berprestasi (Studi pada Atlet Taekwondo Club BJTC Kabupaten Tangerang). Jurnal Psikologi.

Santrock, J. W. 2003. Adolescence Perkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta

Widodo, A. W. 2015. Hubungan Antara Kecemasan Bertanding Dan Dukungan Sosial Dengan Motivasi Berprestasi Pada Atlet Pencak Silat Perguruan Pencak Silat Organisasi Sidoarjo. Jurnal Psikologi.

………. 2011. Pedoman dan Materi Pelatihan Mental Bagi Olahragawan. Jakarta: Asdep Tenaga Keolahragaan Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Comments on this article

View all comments
 |  Add comment

Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Keolahragaan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Indexed By: