PENINGKATAN KEBUGARAN JASMANI MELALUI JUMPROPE EXERCISE YANG DIUKUR DENGAN ROCKPORT PADA SISWA KELAS X MIA 4 SMA NEGERI 10 YOGYAKARTA

Suleiman sulaeman@gmail.com

Abstract


Rendahnya kebugaran jasmani siswa bisa terjadi karena kurangnya aktifitas  peserta didik yang tidak terprogram dan terukur,  anak hanya  menginginkan  bentuk permainan yang menurutnya menyenangkan.  Demikian pula dengan rendahnya kebugaran siswa pada materi pembelajaran pendidikan jasmani. Dalam upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut dilakukan penelitian dengan intervensi latihan mengunakan tali.  Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA4 SMA Negeri 10 Yogyakarta  berjumlah 29 siswa. Penelitian dilakukan dengan  melalukan lopat tali/jump-rope sebelum melakukan kegiatan pembelajaran pendidikan jasmani dilakukan.  Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan lari/ jalan sejauh 1,6 km. Hasil  penelitian menunjukkan dalam dua siklus kebugaran jasmanimengalami peningkatan 

Keywords


kebugaran Jasmani, rockport.

References


Sardiman A, 1990. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. CV. Rajawali Pers.

Jakarta.

Tabrani Rusyan, dkk,1989. Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. CV.

Remaja Rosdakarya. Bandung.

Heinz Kcok, 1991.Saya Guru Yang Baik, Kanisius. Yogyakarta.

Suryadi Suryabrata, 1984. Psikologi Pendidikan, Rajawali Press Jakarta

Kemmis, Stephen & Mc. Taggart, Robin.(l988). The action research planner. Victoria: Deakin University.

Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Silabus mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan.Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Wayan Ardhana, 1985. Pokok-pokok Jiwa Umum. Usaha Nasional.Surabaya

Drs. Roji, 1994. Buku pegangan guru ; Intan Pariwara.

Winskel, W. S. 1987. Psikologi Pengajaran. Jakarta ; Gramedia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Comments on this article

View all comments
 |  Add comment

Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmu Keolahragaan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Indexed By: