ANALISIS PRESTASI AKADEMIK PRODI PENDIDIKAN JASMANI
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ketercapaian hasil belajar mahasiswa prodi pendidikan jasmani kesehatan di STKIP PAMANE Talino Ngabang. Capaian indek prestasi komulatif dapat dijadikan salah satu penentu hak alumni untuk mencari pekerjaan khususnya mendaftar sebagai CPNS. Nilai standar syarat untuk mengikuti tes cpns adalah 3.0. berdasarkan pada hal tersebut dilakukan analisis hasil capaian belajar dalam bentuk IPS lulusan prodi penjas. Data diperoleh dengan studi dokumentasi lulusan tiga tahun terakhir. Analisa data dengan menggunakan deskriptif statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari sudut pandang IPk lulusan, alumni Penjas PAMANE TALINO cenderung tetap di kisaran 3.0. jumlah lulusan tiap tahun mengalami peningkatan. Dilihat dari masa studi diperlukan 4 tahun (8) semester untuk menyelesaikan studi. Dari sudut pandang capaian lulusan tahun 2017 17 alumni 47% predikat memuaskan dan 53% sangat memuaskan. Alumni tahun 2018 berjumlah 44 alumni 10% berpredikat memuaskan dan 90% berpredikat sangat memuaskan. Alumni tahun 2019 berjumlah 55 alumni dengan 26% memuaskan dan 74% sangat memuaskan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asti Wahyuni (2007) Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sma (The Influence Of Cooperative Learning Method And Learning Motivation Toward Academic Achievement Of High School Students), https://www.researchgate.net/publication/296829414_PENGARUH_METODE_PEMBELAJARAN_KOOPERATIF_COOPERATIVE_LEARNING_DAN_MOTIVASI_BELAJAR_TERHADAP_PRESTASI_BELAJAR_SISWA_SMA_THE_INFLUENCE_OF_COOPERATIVE_LEARNING_METHOD_AND_LEARNING_MOTIVATION_TOWARD_ACADEM
Metzler (2000). Instructional Models for Physical Education. Allyn & Bcon. Massachusetts
National Association for Sport and PE (NASPE), Suzan Ayers, Mary Jo
Sariscsany (2010) Physical Education for Lifelong Fitness - 3rd Edition: The Physical Best Teachers Guide Publisher: Human Kinetics
Permenristekdikti no 44 tahun 2015
Siedentop, Daryl (2004). Complete guide to sport education. Human Kinetics
nd ed. USA
Griadhi, Made Hery Wihardika; Suarni, Ni Ketut; Marhaeni, A A I N; (May 2018) the effect of library services quality towards achievement motivation and learning achievement of undiksha students on bali-indonesia. https://e-resources.perpusnas.go.id:2082/docview/2163341542/C2ACE779C76541B9PQ/7?accountid=25704
Jewett, Ann E.; Mullan, Marie R (1977)Curriculum Design: Purposes and Processes in Physical Education Teaching-Learning . merican Alliance for Health, Physical Education, and Recreation, Washington, DC
Reeve, Johnmarshall; Lee, Woogul (2014) Students' classroom engagement produces longitudinal changes in classroom motivation. https://e-resources.perpusnas.go.id:2082/docview/1523712714/EF57B39F4DAA4CE9PQ/4?accountid=25704
Rivers, Susan E; Brackett, Marc A; Reyes, Maria R; Elbertson, Nicole A; Salovey, Peter; et al. (2013). Improving the social and emotional climate of classrooms: a clustered randomized controlled trial testing the RULER Approach. https://e-resources.perpusnas.go.id:2082/docview/1273578087/EF57B39F4DAA4CE9PQ/3?accountid=25704
Reyes, Maria R; Brackett, Marc A; Rivers, Susan E; White, Mark; Salovey, Peter. (Aug 2012): Classroom emotional climate, student engagement, and academic achievement. https://e-resources.perpusnas.go.id:2082/docview/1037345220/BACE025D21D44843PQ/4?accountid=25704
Seebruck, Ryan (Jul 2015) Teacher Quality and Student Achievement: A Multilevel Analysis of Teacher Credentialization and Student Test Scores in California High Schools. https://e-resources.perpusnas.go.id:2082/docview/1963078625/C2ACE779C76541B9PQ/14?accountid=25704
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jilo.v2i1.32626
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Erna Yatiningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Abstracted/Indexed By:
Jurnal Ilmu Keolahragaan by http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jilo/index is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License