MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA PENGURANGAN BILANGAN BULAT DENGAN MENERAPKAN PITA GARIS BILANGAN DI KELAS V SEKOLAH DASAR
Abstract
Matematika yang tercantum dalam kurikulum SD adalah matematika yang telah dipilih dan disederhanakan dan disesuaikan dengan perkembangan berpikir siswa SD. Hal utama untuk menarik minat belajar siswa terhadap matematika adalah menciptakan suasana senang dalam belajar matematika. Salah satu caranya adalah dengan memasukkan materi pelajaran dalam suasana menyenangkan, yaitu permainan, karena anak-anak dalam usia ini masih senang bermain. Permasalahan yang dikaji:1. Apakah hasil belajar dapat ditingkatkan dengan menggunakan pita garis bilangan? 2. Apakah keaktifan siswa pengurangan bilangan bulat dapat ditingkatkan dengan menggunakan pita garis bilangan?Hasil penilaian siklus1 ada 6 siswa (33, 3%) belum tuntas 12 siswa (66,7%) tuntas dan nilai rata-rata 53, 33, terdapat kenaikan nilai rata-rata, dari 45, 00. Hasil belajar siswa pengurangan bilangan bulat dengan bantuan pita garis bilangan, 12 dari 18 siswa 66, 7% sudah tntas dan 6 orang belum tuntas atau 33, 3 % dengan nilai rata-rata 53, 33. pada siklus 2, siswa yang dinyatakan belum mencapai ketuntasan 2 orang dari 18 siswa atau 11, 1 %, siswa yang mencapai batas nilai ketuntasan 16 siswa atau 88, 9 %.
Kata Kunci: Pengurangan bilangan bulat, Pita Garis Bilangan
Kata Kunci: Pengurangan bilangan bulat, Pita Garis Bilangan
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/gm.v25i3.214
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Diterbitkan Oleh:
Ikatan Keluarga Alumni FKIP Universitas Tanjungpura
Pontianak