UJI EFEK ANALGETIK INFUSA DAUN COCOR BEBEK (Kalanchoe pinnata (Lam.)Pers.) TERHADAP MENCIT JANTAN GALUR SWISS YANG DIINDUKSI DENGAN ASAM ASETAT

Arrany Rahmaning Safitri .

Abstract


Latar Belakang: Indonesia kaya akan keanekaragaman hayati. Salah satutumbuhan adalah cocor bebek (Kalanchoe pinnata (Lam.)Pers.). Berdasarkandata empiris di masyarakat daun cocor bebek dapat menghilangkan rasanyeri dan sakit kepala. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiefek analgetik infusa daun cocor bebek (Kalanchoe pinnata (Lam.)Pers.)terhadap mencit jantan galur swiss yang diinduksi dengan asam asetat.Metodologi: Hewan uji yang digunakan pada penelitian ini adalah mencitjantan galur swiss sebanyak 25 ekor. Uji yang dilakukan meliputi determinasi,skrining fitokimia, pembuatan infusa daun cocor bebek dan pengujiananalgetik infusa daun cocor bebek dengan dosis yang bervariasi yaitu 9,1g/kgBB; 18,2 g/kgBB; 36,4 g/kgBB, dengan kontrol positif yaitu asetosal65mg/kgBB dan kontrol negatif yang digunakan adalah CMC 0,5%. Penelitianini menggunakan metode kimiawi dengan induksi asam asetat. Hasil: Padapenelitian ini menunjukkan bahwa kelompok perlakuan maupun kontrol positifmemiliki efek analgetik karena mampu menurunkan jumlah geliat mencit.Infusa daun cocor bebek dengan dosis 36,4 g/kgBB merupakan dosisanalgetik optimal karena dapat menurunkan jumlah geliat lebih banyakdaripada kelompok kontrol positif dan perlakuan lainnya dengan persenproteksi sebesar 76,32%. Kesimpulan: Infusa daun cocor bebek memilkiefek analgetik terhadap mencit jantan galur swiss yang diinduksi denganasam asetat.
Kata kunci: Infusa daun cocor bebek, analgetik, mencit jantan galur swiss,asam asetat
1) Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran, UniversitasTanjungpura Pontianak, Kalimantan Barat.2) Program Studi Farmasi, Fakultas Kedokteran, Universitas TanjungpuraPontianak, Kalimantan Barat.3) Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran, UniversitasTanjungpura Pontianak, Kalimantan Barat.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.