Rancang Bangun Sistem Informasi Pengolah Nilai Sekolah Dasar untuk Kurikulum 2013

Aris Budianto, Rosyid Esanudin, Puspanda Hatta

Abstract


Implementasi perubahan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) ke Kurikulum 2013 berdampak pada sistem penilaian siswa. Penilaian pada Kurikulum 2013 terdiri dari beberapa komponen, yaitu komponen sikap, pengetahuan dan ketrampilan. Pada saat penelitian dilakukan, pencetakan laporan studi atau rapor di Sekolah Dasar dilakukan dengan cara manual, sehingga membutuhkan waktu yang lama dan tidak efisien. Penelitian ini bertujuan untuk membuat Sistem Informasi Pengolah Nilai untuk Kurikulum 2013 yang diimplementasikan untuk Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah Model Research and Development (R&D). Sedangkan model pengembangan aplikasi menggunakan Model Waterfall. Kelayakan sistem diuji berdasarkan standar ISO 9126. Aspek yang digunakan yaitu antara lain functionality, usability, maintainability, dan portability. Pengujian tingkat kelayakan sistem informasi dilakukan oleh ahli sistem, ahli substansi, dan pengguna sistem. Pengguna dari sistem ini adalah Guru Mata Pelajaran, Guru Kelas dan Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum. Hasil pengujian aspek functionality menghasilkan nilai 89,22%, aspek usability menghasilkan nilai 88,75%, aspek maintainability menghasilkan nilai 90%, dan untuk aspek portability menghasilkan nilai 81,66%.


Keywords


Sistem Informasi; Pengolah Nilai; Sekolah Dasar (SD); Kurikulum 2013; Research and Development (R&D)

Full Text:

PDF

References


F. . Ugwoke and I. S. C, “A Computerized Educational Administrative Information System For Post-Primary School Management Board ( PPSMB) Enugu State,” J. Softw. Eng. Simul., vol. 2, no. 9, pp. 18–28, 2015.

E. A. Añulika, E. Bala, and C. D. Nyap, “Design and Implementation of Result Processing System for Public Secondary Schools in Nigeria,” Int. J. Comput. Inf. Technol., vol. 03, no. 01, pp. 2279–764, 2014.

S. K. Wardani, “Sistem Informasi Pengolahan Data Nilai Siswa Berbasis Web Pada Sekolah Menengah Atas (SMA) Muhammadiyah Pacitan,” Indones. J. Netw. Secur., vol. 2, no. 2, pp. 2302–5700, 2013.

F. Suryandani, B. Basori, and D. Maryono, “Pengembangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Sebagai Sistem Pengolahan Nilai Siswa Di SMK Negeri 1 Kudus,” J. Ilm. Pendidik. Tek. dan Kejuru., vol. 10, no. 1, pp. 71–82, 2017.

S. Tresnasari and W. Muhamad, “Aplikasi Berbasis Web Pengolahan Nilai Siswa di Sekolah Dasar ( Studi Kasus : SD Negeri Banjaran 04 ),” vol. 3, no. 2, pp. 802–812, 2017.

G. R. Nandika; and E. R. Wahyudin, “Pengembangan Aplikasi Pengolahan Nilai Siswa Berbasis Web Di Sekolah Dasar Negeri Sukagalih V,” J. Algoritm., vol. 11, no. 1, pp. 1–8, 2010.

H. P. Sari and R. Muhartini, “Sistem Aplikasi Pengolahan Nilai Raport SDN Tanjunganom 2 Kecamatan Tanjunganom Nganjuk,” J. Antivirus, vol. 11, no. 1, pp. 65–80, 2017.

M. I. Malik and D. Maulina, “Sistem Informasi Pengolahan Data Nilai Siswa Berbasis Web Pada SDIT Ibadurrahman Serang Banten,” Amikom, 2017.

“Sistem Pendidikan Nasional.” pp. 1–18, 2003.

“Panduan Penilaian untuk Sekolah Dasar.” Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, Jakarta, 2015.

M. Arifin, A. A. Cholid, and A. S. Pratiwi, “Academic Information System Design For Vocational High School in Web-Based 2013 Curriculum,” Int. Conf. Electr. Eng. Informatics, Its Educ., pp. 7–13, 2015.

S. Susanti, E. Junianto, and R. Rachman, “Implementasi Framework Laravel Pada Aplikasi Pengolah Nilai Akademik Berbasis Web,” J. Inform., vol. 4, no. 1, pp. 108–117, 2017.

R. R. Khairunnisa, Fitriyadi, “Model Aplikasi Pengolah Nilai Raport Kurikulum 2013 SDN Indrasari Martapura,” Progresif, vol. 10, no. 2, pp. 1057–1066, 2013.

A. Fuady; and I. Nursit, “Jurnal pendidikan matematika,” J. Pendidik. Mat., vol. 2, no. 2, pp. 122–131, 2016.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2016.

R. S. Pressman, Software Engineering A Practitioner’s Approach 7th Ed. New York: McGraw-Hill, 2009.

Riduwan, Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jp.v5i2.30111

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.  
  View My Stats