Pembuatan Game Online BoMCleaN sebagai Media Pembelajaran Kebersihan Lingkungan

Sussi Sussi, Kusvihawan Muhammad Shihab, Rendy Munadi, Rahmat Ramadan Prasojoe, Nurwulan Fitriyanti

Abstract


Perkembangan video game saat ini sangatlah pesat dan sudah beredar dalam berbagai genre permainan  seperti aksi, horror, pertualangan, puzzle dan game online. Seiring dengan perkembangan jaringan internet maka game online juga ikut berkembang dan mampu menarik banyak orang untuk memainkannya. Kebanyakan video game yang dibuat hanya ditujukan untuk menghabiskan waktu dan menghibur player agar jauh dari kebosanan. Pelajaran tentang kebersihan lingkungan perlu diajarkan sejak dini sehingga mampu membawa perubahan, baik berupa pengetahuan maupun tingkah laku. BoMCleaN adalah sebuah video game yang ditujukan untuk menghibur serta menambah kesadaran tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sambil bermain dengan pemain lainnya menggunakan konsep multiplayer. Fitur utama dalam video game BoMCleaN menantang pemain menempatkan sampah pada tempatnya yang tepat. BoMCleaN menjadi salah satu Media Pembelajaran Kebersihan Lingkungan (PKL) yang mampu menambah pengetahuan akan pengklasifikasian sampah.


Keywords


Video Game, Game Online, Multiplayer, Genre, Networking

Full Text:

PDF

References


Adiwikarta, Rendy. Pengembangan Permainan Video Endless Running Berbasis Android menggunakan Framework Game Development Life Cycle. Indonesia: KALBIScientia, ISSN: 2356-4393

Arifin, Zaenal dkk. Membangun Game Petualangan Sejarah Peninggalan Sunan Kudus Berbasiskan Android. Indonesia: Prosiding SNATIF ke-2 Tahun 2015, ISSN: 978-602-1180-21-1

Asrori, Lutfi. Perancangan dan Pembuatan Game Online “Penyelamatan Tawanan Perang†Berbasis HTML 5 untuk Penerapan Aplikasi Game Facebook Menggunakan Engine Construct 2. Indonesia: Jurnal DASI, September 2012, Vol 13 No.3

Dewanto, I Joko, System Development Life Cycle dengan Beberapa Pendekatan, Indonesia: Jurnal FASILKOM, 1 Maret 2004, Vol 2 No.1

Firmansyah, Yoki. Penerapan Model SDLC Waterfall dalam Pembuatan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Studi Kasus Pondok Pesantren Al-Habi Shaleh Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat. Indonesia: Jurnal Teknologi & Manajemen Informatika, 2018, Vol 4 No.1

Ibrahim, Muhammad Lutfi. Game Runner Berbasis Mobile yang Mengangkat Sejarah Indonesia. Indosia: e-proceeding, Agustus 2015, Vol 1 No. 2

Kevin, Amelia Ananda, Aplikasi Game Berbahasa Inggris berbasis Macromedia Flash menggunakan metode waterfall. Indonesia:Simki-Techsain, Tahun 2017, Vol 01 No 07

Martono, Kurniawan Teguh, Pengembangan Game dengan Menggunakan Game Engine Game Maker, Indonesia: Jurnal Sistem Komputer (JSISKOM), Mei 2015, vol 5 No 1, ISSN: 2087-4865, e-ISSN: 2252-3456

Mahardhika, Alfian Putra. Pembuatan Game Android 2D Petualangan MR Kentang Menggunakan Unity. Indonesia: Jurnal Ilmiah Go Infotech, Desember 2015, Volume 21 No.2

Mestadi, Walid dkk, An Assesment of Serious Games Technology: Toward an Architecture for Serious Games Design. Morocco: Hindawi, Internasional Journal of Computer Game Technology, Volume 2018, Articel ID 9834565

Munadi Adi, Pembangunan Game Edukasi Mengenal Pahlawan-Pahlawan Bangsa Indonesia. Indonesia: Jurnal Ilmiah dan Komputer (KOMPUTA), ISSN 2089-9033

Putri, Bellia Dwi Cahya. Perancangan Aplikasi Permainan Multiplayer Gobak Sodor Berbasis Flash Dilingkup Jaringan Lokal. Indonesia: Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer (JTSiskom), April 2016, Vol 4 No.2 e-ISSN: 2338-0403

Purnomo, Fendi Aji. Pembuatan Game Edukasi “Petualangan Si Gembul†Sebagai Pembelajaran Pengenalan Daerah Solo Raya pada Anak. Indonesia: Jurnal Simetris, November 2016, Vol 7 No.2

Rahman, Ridwan Arif. Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Nama Hewan dan Habitatnya Dalam 3 Bahasa Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Multimedia. Indonesia: Jurnal Algoritma Sekolah Tinggi Teknologi Garut, 2016, Vol 13 No. 1, ISSN: 2302-7339

Singkoh, Robert Theophani, Perancangan Game FPS (First Person Shooter) Police Personal Training. Indonesia: E-Jurnal Teknik Elektro dan Komputer, Januari-Maret 2016, Vol 5 No. 1 ISSN: 2301-8402

Soleh, Rachmat. Analisis Pengalaman Pengguna Permaianan Multiplayer Online Battle Arena (Moba) dengan Menggunakan Game Experience Questionnaire (GEQ) pada Game DOTA 2. Indonesia: Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, September 2018, Vol 2 No.9 ISSN:3067-3076

Utami, Reni dkk, Pembuatan Game Tradisional Dakon Multiplayer menggunakan Java, Indonesia: Indonsian Jurnal on Computer Science (IJCSS), ISSN: 1979-9390




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jp.v5i1.29874

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Oktrik
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License
  View My Stats