Peramalan Saham Berdasarkan Data Masa Lalu dengan Pendekatan Fuzzy Time Series

Anggi Srimurdianti Sukamto, Wawan Setiawan

Abstract


Saham merupakan hak yang dimiliki orang (pemegang saham) terhadap perusahaan berkat penyerahan bagian modal sehingga dianggap berbagi dalam pemilikan dan pengawasan. Saham yang dapat diperjualbelikan terdaftar dalam bursa efek Indonesia dimana keberadaannya diawasi sesuai dengan aturan yang berlaku. Kegiatan jual beli saham menyebabkan harga saham berfluktuasi. Pergerakan harga tersebut menghasilkan resiko. Resiko dalam berinvestasi saham dapat diminimalisir dengan dua cara, yaitu menilai keuangan perusahaan (fundamental) maupun melihat psikologi pasar yang terganbar dalam sisi teknikal. Sisi teknikal memanfaatkan data-data masa lalu untuk memprediksi pergerakan harga di masa depan. Hal ini didasarkan pada pergerakan harga saham yang memiliki suatu pola sehingga dari pola tersebut dapat diprediksi pergerakannya. Kondisi ini memungkinkan untuk dilakukannya analisis pergerakan harga saham. Salah satu pendakatan yang dapat dilakukan adalah dengan fuzzy time series. Data harga penutupan saham dapat dikategorikan sebagai bentuk time series. Untuk melakukan peramalan maka dibutuhkan data yang diperoleh dari  situs resmi IDX dalam kurun waktu 1 tahun dimulai dari tanggal 3 Januari 2017 hingga 29 Desember 2017. Data tersebut kemudian diolah dengan menggunakan Fuzzy Time Series yang menghasilkan data berupa hasil peramalan saham. Data  diuji dengan pengujian MAPE dan memiliki kesalahan sebesar 0,57 . Nilai MAPE yang cukup kecil ini menjadi acuan bahwa metode peramalan ini dapat dikembangkan kedalam  bentuk aplikasi.

Keywords


Saham; Time Series; Fuzzy Time Series; Data IDX; MAPE

Full Text:

PDF

References


I. Fahmi, Manajemen Investasi: Teori dan Soal Tanya Jawab. Jakarta Selatan: Salemba Empat. 2012.

Fakhruddin, Hendy M. dan Tjiptono Darmadji. Edisi 3 Pasar Modal Di Indonesia, Pendekatan Tanya Jawab. Jakarta: Salemba Empat.2011

Sunariyah.Pengantar Pengetahuan Pasar modal Edisi keempat. Yogyakarta: AMP YPKN. 2004

Jogiyanto.Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi Ketiga. Yogyakarta:BPFE.2008

Suad Husnan dan Enny Pudjiatuti. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.2004.

Kusumadewi, Sri. Artificial intelligent (Teknik dan Aplikasinya). Yogyakarta: Graha Ilmu. 2003.

Haris, M.S. Implementasi Metode Fuzzy Time Series dengan Penentuan Interval Berbasis Rata-Rata Untuk Peramalan Data Penjualan Bulanan. Malang: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Brawijaya. 2010.

Soedjianto, F; Oktavia, T; Anggawinata, J, A. Perancangan dan Pembuatan Sistem Perencanaan Produksi (Studi Kasus Pada PT Vonita Garment). Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI). Yogyakarta, 17 Juni 2006.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jp.v4i2.29469

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.  
  View My Stats