Pemetaan Kebutuhan Guru di Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya Berbasis Sistem Informasi Geografis (SIG)

Ryan Permana, Chandra Lesmana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1)menganalisis kebutuhan guru dijenjang SDN di Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya; dan (2)merancang  pemetaan kebutuhan guru di Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya menggunakan Sistem Informasi Geografis (SIG).  Metode dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Analisis deskriptif dilakukan dengan cara mengumpulkan dan menyusun data yang diperoleh melalui observasi dan wawancara. Pengumpulan dan penyusunan data melalui observasi dan wawancara ini dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi. Dalam penelitian ini, triangulasi digunakan untuk mendapatkan keakuratan data menggunakan berbagai cara, prosedur, dan metode agar data yang diperoleh dapat dipercaya kebenarannya. Beberapa macam triangulasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah: data triangulation dan situational triangulation. Hasil penelitian ini: (1)menunjukkan bahwa terdapat 1 sekolah yang membutuhkan 28 tenaga guru, diantaranya 1 kepala sekolah, 19 guru kelas, 3 guru penjaskes, 3 guru agama islam, 1 guru agama khatolik, dan 1 penjaga sekolah; dan (2)informasi pemetaan kebutuhan guru menggunakan aplikasi Arc View. Dalam aplikasi tersebut terdapat beberapa koordinat SDN yang memiliki informasi kebutuhuan, kekurangan, serta kelebihan guru dari seluruh SDN di Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya.


Keywords


Guru; Pemetaan; Triangulasi

Full Text:

PDF

References


Hartani. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta. LaksBang PRESSindo. 2011.

Intan. P. Aplikasi SIG Untuk Penyusunan Basisdata JaringanJalan Di Kota Magelang. Tugas Akhir Program Survey dan PemetaanWilayah Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang. 2007.

Juhadi dan Dewi Liesnoor Setiyowati. Desain dan Komposisi PetaTematik. Semarang: Pusat Pengkajian dan Pelayanan Sistem Informasigeografis, Geografi UNNES. 2001

Martin. J.B, Vasantha. K., and Joseph. R. “Using Geographic Information System (GIS) For Spatial Palnning and Enviromental Management in India: Critical Considerationsâ€. International Journal of Applied Science and Technology. Vol 2. 2012. Pp. 40-54.

Nigel. F. & Caesar. A. CAQDAS-GIS “Convergence: Toward a New Integrated Mixed Method Research Practiceâ€. Journal of Mixed Methods Research. Vol 3. No 4. 2009. pp 349-370.

Sisca. F. Persepsi Mahasiswa Program Studi Kependidikan Universitas Pendidikan Indonesia Terhadap Program Pasca Sarjana Di Daerah Terdepan, Terluas, dan Tertinggal. Universitas Pendidikan Indonesia. 2013.

Tim Penulis. Petunjuk Teknis Pelaksanaan Peraturan Bersama tentang Penataan dan Pemerataan Guru PNS. 2011.

Vasilis. K& Costas.D. “An Analysis of the Discursive Transitions across Different Modalities of the Pedagogic Discourseâ€. Internation Journal of Learning. Vol 10. 2003. pp 3264-3274.

Verka.J & Angelina. N. The Use of GIS in Tourism Supply and WEB portal development. International Journal on Information Technology (IREIT), Vol. 20, No. 10. 2013.

Basrowi & Suwandi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jp.v4i2.27272

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Oktrik
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License
  View My Stats