Implementasi Business Intelligence untuk Mendapatkan Pola Penerbangan Penumpang Pesawat dari atau ke Bandara Internasional Minangkabau

Ricky Akbar, Vedo Alfarizi, Tata Bayu Amarta, Nazhifa Najla Ardian, Mahfuz Jailani Ibrahim

Abstract


Pesawat udara saat ini sangat diminati untuk perjalanan jauh bagi pengguna jasa penerbangan baik untuk perjalanan pariwisata maupun perjalanan bisnis. Akibatnya, aktifitas penerbangan selalu ramai. Oleh karenanya, perusahaan pengelola bandar udara memiliki manajemen terkait penjadwalan penerbangan. Kumpulan dari jadwal penerbangan yang bervariasi ini menghasilkan data yang disebut flight daily report. Perkembangan teknologi memiliki penemuan baru untuk memanfaatkan data sebagai hal penting dalam kemajuan bisnis. Salah satunya adalah dengan penerapan business intelligence. Peneliti akan menerapkan business intelligence untuk mendapatkan pola penerbangan penumpang menggunakan data Flight Daily Report (FDR) Bandara Internasional Minangkabau tahun 2017. dengan mendapatkan pola penerbangan kita sebagai pengguna jasa penerbangan dapat mengetahui kapan jadwal padat bandar udara, serta dapat mengetahui kapan orang-orang cendrung melakukan perjalanan udara dari atau ke Bandara Internasioanal Minangkabau (BIM). Tools yang digunakan untuk penelitian ini adalah Pentaho Data Integration dan Microsoft Power BI. Hasil penelitian berupa grafik dari data Flight Daily Report (FDR) Bandara Internasional Minangkabau tahun 2017 yang telah diproses sehingga dapat kita analisa dan simpulkan bahwa jadwal penerbangan tersibuk terjadi pada pukul 14.10 WIB yaitu untuk waktu kedatangan.

Kata kuncibusiness intelligence, pentaho, Microsoft Power BI, Pola Penerbangan, BIM

Full Text:

PDF

References


L. Hakim and S. W. Rahayu, "Perlindungan dan Tanggung Jawab Perusahaaan Penerbangan Domestik PT LAI kepada Konsumen Selaku Penumpangnya," Kanun Jurnal Ilmu Hukum, vol. XIX, p. 446, 2017.

R. Akbar, W. Wulandari, Z. Hasanah , H. Gravina, Y. R. Alditya and A. Sadewa, "Implementasi Business Intelligence untuk Menentukan Mahasiswa Penerima Beasiswa" Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, vol. III, no. 1, p. 65, 2017.

O. Caya and A. Bourdon, A Framework of Value Creation from Business Intelligence and Analytics in Competitive Sports, Hawaii International Conference: System Sciences (HICSS), 2016.

T. E, Decision Support and Business Intelligence, Upper Saddle River: Pearson Education, 2010.

K. C. J. P. Laudon, Essen-tials of Business Information Sys-tems. 7th Edition, Pearson Prentice Hall, 2008.

M. Z. N. Husni and I. , "Implementasi Business Intelligence Pada Manajemen Report Bank XYZ," Jurnal Sains dan Senni Pomits, vol. III, no. 2, p. 17, 2014.

E. Widiyanti, "Implementasi Gudang Data Untuk Evaluasi Pengadaan Narkotika dan Psikotropika di Apotek - Apotek Kota Yogyakarta," Yogyakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jp.v4i1.25580

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.  
  View My Stats