Aplikasi Pembelajaran (E-learning) Mengenal Huruf Hijaiyah bagi Anak-anak Berbasis Mobile untuk Mendukung Pembelajaran Secara Mandiri

Isa Bahroni, Riyadi Purwanto

Abstract


Salah satu kewajiban seorang muslim diantaranya adalah memahami dan dapat membaca huruf hijaiyah, karena huruf hijaiyah merupakan ilmu dasar untuk membaca AL-Qur’an dengan benar. Masyarakat muslim yang belum mengetahui dan paham dengan dasar huruf hijaiyah dikarenakan pada saat masa kecil tidak sempat belajar memahami huruf hijaiyah atau yang biasa disebut belajar iqro. Mempelajari dasar huruf hijaiyah perlu belajar kepada ustad atau ustadzah padahal banyak mereka disibukan dengan pekerjaan atau urusan yang lain. Kemajuan teknologi multimedia hendaklah dimanfaatkan dengan baik dan cerdas, dengan adanya teknologi smartphone saat ini dapat menjadi sebuah sarana untuk belajar salah satunya belajar memahami dasar huruf hijaiyah dengan lebih mudah dan efisien. Tujuan yang dicapai dari hasil penelitian ini adalah merancang media pembelajaran mengenal huruf hijaiyah barbasis mobile menggunakan metodologi MDLC (Multimedia Development Life Cyrcle) yang terdiri dari beberapa tahapan diantaranya pembuatan storyboard, HIPO (Hirarcy Input Process Output) dan atribut lainya yang mendukung. Hasil penelitian adalah menampilkan vitur-vitur huruf  hijaiyah dan pengertiannya seperti tanda baca, tajwid, serta latihan membaca huruf hijaiyah dengan disertai suara pelafalan setiap huruf, hukum bacaan tajwid, suara pelafalan di setiap potongan ayat dan terdapat hukum bacaanya. Harapan akhir yang ingin dicapai adalah kemudahan dalam mempelajari bacaan dan tanda baca huruf hijaiyah secara mandiri.

Keywords


Media Pembelajaran; Huruf Hijaiyah; Mobile; E-Learning

Full Text:

PDF

References


W. Ramansyah, “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Peserta Didik Sekolah Dasar,†vol. 3, no. 1, pp. 28–37, 2016.

S. Journal and S. P. Engineering, “Pembuatan Game Pembelajaran Pengenalan Huruf Hijaiyah Di Taman Kanak-Kanak (TK) Az-Zalfa Sidoharjo Pacitan,†vol. 12, no. 1, pp. 7–11, 2015.

K. Khamidah and R. A. Triyono, “Pengembangan Aplikasi E-Learning Berbasis Web Dengan Php Dan MySql Studi Kasus Smpn 1 Arjosari,†Indones. J. Netw. Secur., vol. Vol. 2, no. 2, pp. 11–17, 2012.

E. Susanti and M. Sholeh, “Rancang Bangun Aplikasi E-Learning,†J. Teknol. IST Akprind, vol. 1, no. 1, pp. 53–57, 2008.

G. M. Hati, S. Andri, and B. Sasmito, “Aplikasi Penanda Lokasi Peta Digital Berbasis Mobile Gis Pada Smartphone Android,†J. Geod. Undip, vol. 2, no. 4, pp. 26–40, 2013.

T. Nurseto, “Membuat Media Pembelajaran yang Menarik – Tejo Nurseto,†Ekon. Pendidik., vol. 8, pp. 19–35, 2011.

M. Misbakhul Mustofin, Hani Nurhayati, “Aplikasi Permainan Sudoku Huruf Hijaiyah Menggunakan Algoritma Bactracking dan Multiplicative CRNG Sebagai Pembangkit dan Penyelesaian Permainan,†Matics.

Luther, Arc C. (1994). Authoring Interactive Multimedia. AP Professional. Boston.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jp.v4i2.25566

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Oktrik
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License
  View My Stats