Studi Deskriptif Pemanfaatan Fasilitas Hotspot Kampus Sebagai Pendukung Proses Pembelajaran

Vivi Sahfitri

Abstract


Tujuan Penelitian adalah  melakukan studi deskriptif tentang pemanfaatan fasilitas hotspot kampus  sebagai fasilitas pendukung proses pembelajaran yang akan dilihat berdasarkan persepsi mahasiswa dalam memanfaatkan fasilitas Hotspot kampus tersebut. Penelitian ini menggunakan 4 variabel yang digunakan  sebagai indicator dalam instrumen penelitian berupa kuesioner yang digunakan dalam penelitian. 4 Variabel tersebut adalah user expectation (Harapan Pengguna),  Service Quality  (Kualitas Layanan), Service Facilities (Fasilitas Layanan), Perceived Usefullness  (Manfaat Yang dirasakan). Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa lebih dari 50% pengguna mengaggap bahwa fasilitas hotspot kampus yang ada sesuai dengan harapan Pengguna berdasarkan indicator yang menjadi dasar pengukuran pada  variable user expectation. Selain itu Mahasiswa sebagai responden penelitian menganggap bahwa kualitas layanan dan fasilitas layanan hotspot kampus sudah cukup baik berdasarkan indicator pengukuran pada variable service Quality dan Facilities quality. Adanya hotspot kampus, memberikan manfaat dalam  membantu responden yang berstatus sebagai mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


O’Brien & James (2006). Introduction to Information Systems (12th ed). Penerbit : Salemba Empat, Jakarta

Turban, Rainer & Potter. (2005). Introduction to Information Technology, Jhon wiley & Sons, Inc.

Purbo O.W. (2006). Internet wireless dan Hotspot. Elex Media Komputindo. Jakarta.

Sugiyono. (2012) Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Hidayat Syah. (2010). Penelitian Deskriptif. Jakarta: Rajawali.

Sukmadinata. (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya, Bandung

Widodo, Erna, Dan Mukhtar. (2000). Konstruksi Ke Arah Penelitian Deskriptif. Avirouz, Yogyakarta.

Riduwan. (2010). Belajar Muda Penelitian. Alfabeta, Bandung.

Indriantoro, Nur dan Bambang Sopomo. (2011). Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi dan Manajemen. Edisi Pertama, BPFE. Yogyakarta.

Witarto. (2008). Memahami Pengolahan Data. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2013). Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

N. Muda and N. R. M. Suradi. (2013). Factors Affecting Customer Satisfaction of the Wi-Fi Services. J. Teknol., vol. 60, pp. 57–63.

Miles, B.Mathew dan Michael Huberman. (19292).Analisis Data Kualitatif buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta:UPI.

Mansuri dan Soetopo Eko. (2015). Analisis Pemanfaatan Hotspot Terhadap Mutu Pembelajaran Mahasiswa di Universitas Borobudur

Putra, Dwi Sudarsono, dkk.(2013). Kajian deskriptif Pemanfaatan Internet oleh mahasiswa di Jurusan Teknik Otomatif Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang Pada Tahun 2012. Jurnal Elektro Vol.5 No.2 Desember 2013, PP.55-59.

Kustanto & Bambang Satrionugroho. (2014). Analisa Pengaruh Pemanfaatan Hotspot Terhadap Indeks Prestasi Mahasiswa STMIK Sinar Nusantara Surakarta dengan SPSS dan Analisa SWOT. Jurnal Sinus, pp.13-24.

Atmanto, Joko. (2009). Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Bima Pustaka.

Hanum, S.N. (2013). Keefektifan E-learning sebagai media Pembelajaran(Studi Evaluasi Model Pembelajaran E-learning SMK TELKOM Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol.3, No.1 Februari 2013. pp.90-102.

Karpinski, Aryn. C.Paul, A. Kirschener. (2007). Journal of facebook and Academic Performance Computers in Human Behaviour. Proceedings of the National Academies of Science (PNAS). Elsevier Science Publisher B.V. Amsterdam, The Netherlands.

Chairunnisa. (2010). Hubungan Intensitas Mengakses Facebook dengan Motivasi Belajar Siswa MAN 13 Jakarta. Skripsi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Rosenberg. Marc J. (2006). Beyond E-learning-Approaches and Technologies to enhance Organizational Knowledge, Learning and Performance. Pteiffer. US.

Darin, E. Hartley. (2001). Selling e-learning, American Society for Training and Development. New York. US




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jp.v4i1.23816

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Oktrik
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License
  View My Stats