Model E-Commerce Produk Daur Ulang Bank Sampah Menggunakan UML

Puput Irfansyah, Sugeng Haryono

Abstract


Pemanfaatan website dan sosial media sebagai mesin penjual sudah mulai berkembang sejalan dengan kemajuan e-commerce. Bank sampah merupakan sumber daya bahan sampah yang dapat didaur ulang dan dijadikan produk layak pakai yang keberadaannya hingga saat ini telah berlangsung namun belum memiliki media promosi online yang sesuai dengan kebutuhan. Pembuatan website yang sesuai dengan alur kebutuhan dimaksud agar website bisa memberikan kemudahan bagi pengelola bank sampah dalam memasarkan secara luas produk hasil daur ulang dan dapat menjangkau konsumen secara nasional. Website ini hanya kumpulan file yang terletak pada komputer yang terhubung ke internet. Konsep inti dari penerapan model e-commerce ini meliputi: kebutuhan, permintaan, informasi produksi, utilitas, pertukaran, konsumen dan transaksi penjual. Metode pendekatan yang digunakan adalah metode object-oriented design (OOD) atau perancangan berorientasi obyek menggunakan Unified Modelling Language (UML). Website e-commerce yang dirancang diuji validitasnya sehingga menghasilakan linieritas pengaruhnya.


Full Text:

PDF

References


S. Karyana, Manfaat sistem informasi manajemen sebagai sarana sosialisasi pasar tradisional secara online kepada masyarakat, Universitas Muhammadiyah Metro. 2014.

F. Isnanto, Memaksimalkan fungsi ecommerce menggunakan sistem payment gateway, STMIK Atma Luhur Pangkal Pinang, 2013

J. Sarwono. Teori e-commerce kunci sukses perdagangan di internet. Yogyakarta: Gava media. 2008.

A. Saefullah & S. Santoso. Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Online (E- Commerce) pada CV Selaras Batik Menggunakan Analisis Deskriptif, 1(1), 53–64. 2014

Undang-undang Republik Indonesia nomor 18 tahun 20078 tentang pengelolaan sampah

R. Andita, P. Nurul,, P. Rachmatullah, S. Akbar, S. Permata & S. Mulyaningsih. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Obat di Apotek Generik. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Informatika (JEPIN), 2(1), 21–26. 2016.

S. Nasution,. Metode research, penelitian ilmiah. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara. 2009.

F. Ismawan, & P. Irfansyah. Prototipe Knowledge Management System Berbasis E-Business : Studi Kasus Margatekno Official Center, 8(3), 231–241. 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jp.v3i2.22702

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.  
  View My Stats