Implementasi Knowledge base pada Aplikasi Data Orang Hilang (Studi Kasus: Polres Tasikmalaya Kota)

Mohamad Gibran Meidiyan, Husni Mubarok, Rianto Rianto

Abstract


Pada proses perkembangan suatu teknologi, pengetahuan (knowledge) dan informasi menjadi sangat penting untuk menjadi sumber daya utama yang akan sangat menunjang pada suatu instansi. Kepolisian Resor Tasikmalaya Kota (Polres Tasikmalaya Kota) sebagai suatu instansi pemerintah, mengolah dan mengelola data orang hilang merupakan salah satu tugas Polres Tasikmalaya Kota yaitu pelayanan kepada masyarakat. Sejalan dengan meningkatnya laporan orang hilang di Kota Tasikmalaya, Polres Tasikmalaya Kota membutuhkan suatu sistem yang dapat melakukan identifikasi data orang hilang berdasarkan pengetahuan (knowledge). Tujuan umum dari penelitian ini yaitu mengimplementasikan Knowledge Base pada Aplikasi Data Orang Hilang di Polres Tasikmalaya Kota yang sesuai dengan kebutuhan saat ini. Metode penelusuran yang digunakan pada penelitian ini adalah penelusuran runut maju (forward chaining). Hasil akhir dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi yang berjalan sesuai dengan harapan.

Full Text:

PDF

References


Kusrini., Aplikasi Sistem Pakar : Menentukan Faktor Kepastian Pengguna Menggunakan Metode Kuantifikasi Pertanyaan. Yogyakarta, Indonesia, 2008.

Hazairin, Hukum Kewarisan Bilateral Menurut Al-Quran dan Hadist, Jakarta, Indonesia, 1981.

B.Hermawan., Agung Setiawan., and Erippudin. Sistem Berbasis Pengetahuan Dengan Menggunakan Fuzzy Tsukamoto. Yogyakarta, Indonesia: SENTIKA,2016.

G. Ayu and D. Hendra, Pemanfaatan Metode Forward Chaining Dalam Pengembangan Sistem Pakar Pendiagnosa Kerusakan Televisi Berwarna. Bali, JANAPATI, 2017.

J.C. Giarratano, and G. Riley, Expert Systems : Principles and Programming 4th Edition. USA : PWS Publishing Co, 2004.

Joko Lianto., Faizal Johan., and Dian Fetriah. Sistem Berbasis Pengetahuan Untuk Kenaikan Pangkat Militer TNI AU. Surabaya, Indonesia: ITS, 2005.

I Wayan Shandyasa., Sistem Berbasis Pengetahuan Untuk Kesehatan Dan Perawatan Gigi Dan Mulut. Bali, Indonesia: Udayana, 2011.

D.B. Sanjaya, dan D.G.H. Divayana, “An Expert System-Based Evaluation of Civics Education as a Means of Character Education Based on Local Culture in the Universities in Buleleng,” in International Journalof Advanced Research in Artificial Intelligence, Vol. 4, No.12, 2015, pp.17-21.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jp.v3i2.22526

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.  
  View My Stats