Media Pembelajaran Bahasa Arab untuk Siswa Madrasah Ibtidaiyah

- Sukamto, - Elfizar, - Asriyani

Abstract


Penelitian ini membahas tentang media pembelajaran Bahasa Arab, yaitu alat untuk menyampaikan materi yang digunakan untuk membantu pengajar atau guru dalam menyampaikan sebuah pembelajaran, juga salah satu alternatif untuk mempermudah siswa khususnya siswa Madrasah Ibtidaiyah dalam mempelajari Bahasa Arab.  Pembuatan media pembelajaran Bahasa Arab ini menggunakan Adobe Flash CS4 Proffesional, sedangkan dalam perancangannya menggunakan Storyboard, Struktur Navigasi, dan Flowchart.Hasil pengujian terhadap media pembelajaran ini secara keseluruhan adalah sebanyak 33%  menyatakan Sangat Baik, 29% menyatakan Baik, dan 8% menyatakan Kurang Baik. Ini menunjukkan bahwa lebih dari 60% responden menyatakan media pembelajaran ini sudah berjalan dengan baik. Sedangkan pengujian terhadap tampilan media pembelajaran dapat menarik minat belajar adalah sebanyak 60% menyatakan Sangat Baik, 30% menyatakan Baik, dan 10% menyatakan Kurang Baik. Hal ini menunjukkan bahwa 90% media pembelajaran ini dapat menarik minat belajar.

 


Full Text:

PDF

References


Idhawati H., Budi S., Ahmad I., dan Dimas A. N., “Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Agama Islam untuk Anak-anak Berbasis Multimedia Interaktif dan Web ”, Jurnal Informatika, Vol 6 No. 2, Juli 2012.

Hindayati M. dan Nurhidayah, “Rancangbangun Multimedia Pembelajaran Ilmu Tajwid Guna Peningkatan Pemahaman Cara Membaca Al-Qur’an”, JUITA (Jurnal Informatika), Vol.1 No. 2, Nopember 2010.

Yulius H., Darmanto A.i, dan Budi H., “Interpretasi E-Learning sebagai Suport Media untuk Pembelajaran Bahasa Mandarin bagi Siswa Sekolah Dasar”, Jurnal Informatika, Vol. 12 No. 2, Nopember 2014, pp. 77-83.

Asti H. dan Freddy A. R., “Animasi Interaktif Pembelajaran Tari Merak”, Jurnal Informatika, Vol. 2 No. 2, 2015.

Kukuk Y., “Pemanfaatan Teknologi Text-to-Speech Sebagai Media Pembelajaran pada Laboratorium Bahasa Inggris”, Jurnal Teknologi dan Manajemen Informatika, Vol. 2 No. 1, Mei 2016.

Sutan T. A., Radityo A. N., dan Irwan B., “Rancang Bangun Aplikasi Permainan (Game) Sebagai Media Pembelajaran Seni dan Budaya Banjar”, KLIK: Kumpulan Jurnal Ilmu Komputer, Vol. 1 No. 1, 2014, pp. 90-102.

Kandung S. dan Sugirin, “Pengembangan Media Pembelajaran Membaca Bahasa Inggris SMP Berbasis Web”, Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, Vol. 1 No. 1, April 2014, pp. 49-64.

Ary I. dan Pujiati S., “Pengembangan Media Pembelajaran Membaca Berbantuan Komputer untuk Peserta Didik Kelas 1 Sekolah Dasar”, Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, Vol. 1 No. 2, Oktober 2014, pp. 178-189.

Khalilullah, Media Pembelajaran Bahasa Arab, Aswaja Pressindo, Yogyakarta, 2011.

Azhar, A., Media Pembelajaran. Raja Grafindo, Jakarta, 2011.

Ulin, N., Metodologi Super Efektif Pembelajaran Bahasa Arab, Diva Press, Yogyakarta, 2012.

Iwan, B., Multimedia Digital Dasar Teori dan Pengembangannya, Andi Offset, Yogyakarta, 2010.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jp.v3i2.22069

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.  
  View My Stats