Sistem Scoring Conversion TOEFL Paper Based Test (PBT) Politeknik Negeri Cilacap Menggunakan Metode User Centered Design

Cahya Vikasari

Abstract


Sistem komputer interaktif untuk dipakai oleh useruntuk mendukung pekerjannya. User merupakan object yang penting didalam pengembangan dan pembangun sistem. User adalah personal-personal yang terlibat langsung dalam pemakaian aplikasi. Konsep dari UCD adalah user sebagai pusat dari proses pengembangan sistem, dan tujuan/sifat-sifat, konteks dan lingkungan sistem semua didasarkan dari pengalaman pengguna Pembangunan sistem skoring test TOEFL paper based test (PBT) di UPT bahasa politeknik negeri cilacapmenggunakan metode UCD. Dengan menggunakan metode UCD sistem dapat   mempermudah dan mempercepat pendaftaran oleh calon pendaftar dengan tampilan antarmuka yang user friendly , mempermudah proses pengelolaan data dan rekap data pendaftar, mempermudah pengkonversian skor TOEFL yang dilakukan secara otomatis, serta  meminimalisir terjadinya kesalahan, duplikasi data dan duplikasi kegiatan.

Full Text:

PDF

References


2010. User Centered Design (UCD)[online],available: http://ikydejan.blogspot.co.id/2010/08/user-centered-design-ucd.html.

Wijang Widhiarso, Jessianti dan Sutini, Metode UCD (User Centered Design) Untuk Rancangan Kios Informasi Studi Kasus : Rumah Sakit Bersalin XYZ. Jurnal Ilmiah STMIK GI MDP,2007.vol.3

Rhomita Sari , Ema Utami , ArmadyahAmborowati, Rancangan Lowongan Kerja Online Menggunakan Metode User Centered Design (Studi Kasus: Business Placement Center STMIK AMIKOM Yogyakarta). Citec Journal,2015.vol.3

Amborowati, Armadyah, 2008. Rancangan Sistem Pameran Online Menggunakan Metode UCD (User Centered Learning). SNATS AKPRIND

2006. Proses UCD [online], available: http://www.upa.org.nz/wp-content/uploads/2006/09/upanz-govis-sept-2006.pdf

Pressman, Roger S. 2012. Rekayasa Perangkat Lunak – Buku Satu, Pendekatan Praktisi (Edisi 7). Yogyakarta: Andi.

Santoso,Insap; Interaksi Manusia dan Komputer : Teori dan Praktek, Andi Offset, Yogyakarta, 2004.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jp.v3i1.20238

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.  
  View My Stats