Analisis Data Penjualan Perusahaan Detergen XYZ dengan Aplikasi Zoho Reporting Menggunakan Metode OLAP (Online Analytycal Processing)

Ricky Akbar, Elsha Yuliani, Qisty Mawaddah, Fikri Ardhana

Abstract


Sales Channel atau saluran penjualan merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan oleh perusahaan. Sales channel yang beragam memungkin perusahaan untuk memperbesar keuntungan mereka, sales channel online misalnya dengan sales channel ini perusahaan dapat memperluas lokasi pemasaran keseluruh negara-negara di dunia. Perusahaan yang memiliki sales channel yang banyak dan memproduksi barang yang biasa digunakan sehari-hari, memiliki data pelanggan yang sangat besar diberbagai belahan dunia. Prediksi jumlah penjualan produk di masing-masing negara berdasarkan sales channel yang digunkan perusahaan merupakan Business Intelligence (BI) yang sangat penting untuk melihat negara mana yang berpotensi memberikan pelanggan yang besar untuk penjualan produk perusahaan. Dari penelitian dengan menggunakan metode OLAP (Online Analytical Processing) dan aplikasi Zoho Reporting, dapat membantu pihak pengambil keputusan dalam menemukan pelanggan dari negara mana yang nantinya berpotensi memberikan keuntungan besar bagi perusahaan.

Kata kuncibusiness intelligence, online analytical processing, sales channel, prediksi.


Full Text:

PDF

References


Zaky Nur Husni, Imam Mukhlash. “Implementasi Business Intelligence Pada Manajemen Report Bank XYZ”. Jurnal Sains Dan Senni Pomits. 2014

Imelda. “Business Intelligence”. Majalah Ilmiah UNIKOM. Vol.11 No.1

Ashar Johar, Arie Vatresia, Lia Martasari. “Aplikasi Business Intelligence (BI) Data Pasien Rumah Sakit M. Yunus Bengkulu dengan Menggunakan Metode OLAP (Online Analytical Processing)”. Jurnal Rekursif, Vol. 3 No.1. Maret 2015

Lita Alfriany Ndoloe. “Sistem Informasi Lulusan Dengan Metode Online Analitycal processing (OLAP) Pada Politeknik Negeri Kupang”. Jurnal Sistem Informasi Bisnis. 2012

Heribertus Himawan. "Implementasi Sistem Business Intelligence Untuk Melakukan Analisis Data Guna Mendukung Pembuatan Keputusan Manajer”. Techno.com Vol. 7 No.1. Mei 2008

http://ilmukomputer.org/wp-content/uploads/2013/06/adiba-zoho.doc

http://satpolpp.jatengprov.go.id/2015/files/sample-sales-data.xls

Kamber, H. J., 2006. Data Mining:Concepts and Techniques. San Francisco: Morgan Kaufmann Publisher.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jp.v3i1.20200

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.  
  View My Stats