Perancangan Sistem Data Logger Pengisian Air Galon Otomatis Berbasis Mikrokontroler ATMega32

- Supandi, - Hilda, Ferry Hadary

Abstract


Peralatan depot pengisian air galon dengan menggunakan sistem pengisian manual mengharuskan untuk selalu siap membuka atau menutup keran pengisian dan menuliskan jumlah dari setiap pengisian galon yang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk merealisasikan sistem pengisian air galon otomatis menggunakan  mikrokontroler ATMega32 sebagai pengendali utama, menyimpan data log perhitungan jumlah galon yang telah terisi air dan volume air pada kartu memorimicro secure digital (microsd). Pendeteksian jenis galon menggunakan 2 buah sensor infra merah yang mengacu pada ketinggian galon dan volume air dihitung menggunakan sensor aliran air. EEPROM digunakan untuk menyimpan data sementara pengisian air ketika terjadi padam listrik sehingga proses pengisian yang terhenti dapat berlanjut setelah sistem aktif kembali. Data log tersimpan pada kartu memori setiap kali proses pengisian air galon selesai dengan data waktu dan tanggal yang diinformasikan oleh pewaktu DS1307. Pengujian dilakukan pada catu daya, pendeteksi galon, pengisian volume air, dan penyimpanan data. Arus yang terukur dari adaptor 0,14A, sensor infra merah dapat mendeteksi pada jarak + 35 cm, sensor aliran air sebagai pengukur volume pada galon 5 liter dan pada galon 19 liter dan data dapat tersimpan pada kartu memori. Hasil pengujian menyimpulkan alat yang dibuat dapat berfungsi sesuai perancangan, menyerap daya sebesar 1,68 watt dan data pengisian maksimum 21.474.836 pada kapasitas kartu memori 1GB.

Kata kunci—pengisian air otomatis, data logger, mikrokontroler atmega32, sensor infra merah E18-D80NK-N, sensor aliran air YF-5201, memori micro sd

References


Albert Paul Malvino; diterjemahkan oleh hanapi gunawan. 1984. Prinsip-prinsip elektronik. Jakarta: Erlangga

Blocher, Richard. 2003. Dasar Elektronika. Yogyakarta: Andi

Budiharto, Widodo. 2011. Aneka Proyek Mikrokontroler (Panduan Utama untuk Riset/TugasAkhir). Yogyakarta: Graha Ilmu

Putra Agfianto E. 2010. Mudah Menguasai Pemograman Mikrokontroler Atmel AVR Menggunakan Bascom AVR. Kelompok Riset DSP dan Embedded Intelligent System-Elins Universitas Gadjah Mada. September 29, 2015.

Widodo Romy B. 2009. Embedded System Menggunakan Mikrokontroler dan Pemrograman C. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Bintoro M. W. dan Wildian. 2014, Juli. Sistem Otomasi Pengisian dan Penghitungan Jumlah Galon pada Depot Air Isi Ulang Berbasis Mikrokontroler ATMega 8535. Jurnal Fisika Unand Vol. 3 (III). Maret 27, 2015.

Danel G. dan wildian. 2012, Oktober. Otomatisasi Keran Dispenser Berbasis Mikrokontroler AT89S52 Menggunakan Sensor Fotodioda dan Sensor Ultrasonik Ping. Jurnal Fisika Unand Vol. 1 (I). Maret 27, 2015.

Muhammad I.T. 2013, Januari. Prototipe Sistem Kontrol Pengisian Cairan dalam Botol Berbasis Mikrokontroller ATMega 8. Fakultas Teknik, UNY. Maret 6, 2015.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lihat Statistik