Pengaruh Jejaring Sosial Facebook Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Teknik Informatika Di Universitas

Intan Mutia, Puput Irfansyah, Luh Putu Widya

Abstract


Proses pembelajaran hendaknya tidak hanya untuk pencapaian target materi tetapi juga pada pemahaman materi tersebut. Upaya peningkatan prestasi belajar peserta didik tidak terlepas dari berbagai faktor yang mempengaruhinya. Prestasi menurut TulusTu’u merupakan hasil yang dicapai seseorang ketika mengerjakan tugas atau kegiatan tertentu. Prestasi akademik merupakan hasil yang diperoleh dari kegiatan pembelajaran di sekolah yang bersifat kognitif dan biasanya ditentukan melalui pengukuran dan penilaian. Di bantu dengan penggunaan internet dapat meningkatkan minat belajar peserta didik sehingga tujuan pembelajaran terpenuhi. Berbagai macam konten tersedia di internet, mulai dari materi-materi pembelajaran, bisnis, gambar-gambar, audio dan video, hingga jejaring sosial. Dalam kaitan dengan pembelajaran, media Facebook diharapkan mampu membekali peserta didik keterampilan yang dapat menjawab permasalahan mendatang Penelitian ini akan menghasilkan sebuah kajian pengaruh Facebook yang dapat diakses baik dalam keadaan online untuk menunjang pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode regresi linier untuk melihat pengaruh dan uji korelasi untuk melihat keterkaitan antara dua variabel yang ada yaitu penggunaan Facebook dan prestasi belajar mahasiswa. Responden dari penelitian ini adalah 300 mahasiswa dari beberapa universitas yang ada di Jakarta Selatan Terdapat korelasi antara jejaring social facebook dengan prestasi belajar mahasiswa. Terdapat pengaruh yang signifikan jejaring social facebook terhadap prestasi belajar mahasiswa.  Hal ini terlihat dari hasil uji  regresi linier sederhana yang ditunjukkan dengan nilai sig.0,00 < 0,05.

Kata kunci: Pengaruh, Prestasi, Belajar, jejaring social, Facebook


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jp.v2i2.17632

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.  
  View My Stats