Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for JEPIN (Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika)?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Penulis harus menyerahkan makalah yang telah diperiksa dengan hati-hati dan teliti. Naskah yang dapat diterima dengan pengertian bahwa naskah tersebut adalah versi asli. Sebelum pengiriman harap pastikan bahwa makalah sudah sesuai dengan template jurnal JEPIN. Penulis harus merujuk ke template JEPIN untuk format dan gaya penulisan (Silakan unduh dan gunakan sebagai template untuk pengiriman naskah awal). Ini akan memastikan pemrosesan dan publikasi yang lebih cepat. Makalah apa pun yang tidak memenuhi persyaratan berdasarkan pedoman kepada penulis tidak akan diproses. Artikel penelitian yang dikirimkan ke jurnal online ini akan di-review setidaknya 2 (dua) reviewer. Artikel penelitian yang diterima akan tersedia online setelah proses peer-review jurnal.

Biaya yang dikenakan untuk proses penerbitan di JEPIN adalah sebagai berikut :
Pengiriman Artikel : Rp. 0,-
Proses Review : Rp. 0,-
Publikasi online + Hardcopy (1 buku) : IDR 1.000.000,-

Mempercepat proses Review Artikel (Fast Track Review): Rp. 750.000,-

Percepatan proses review artikel dimaksudkan untuk mendapatkan jaminan kepastian informasi dari editor terhadap artikel yang dikirimkan maksimal dalam 4 minggu (1 bulan). Jaminan kepastian informasi adalah informasi terhadap keputusan awal dari artikel berdasarkan masukan dari para reviewer. Setelah author memperbaiki artikelnya berdasarkan hasil review, maka author akan medapat keputusan diterima atau tidak artikelnya dalam waktu maksimal 8 minggu (2 bulan).

Jika menghendaki Fast Track Review mohon mengirimkan informasi ke email ftr-jepin@untan.ac.id paling lambat 3 hari setelah submit.
Email berisi :
- judul artikel,
- nama semua penulis, dan
- ID paper,
dengan subject email : Fast Track Review.

Kerangka Artikel
Kerangka Artikel terdiri dari :
Judul,
Abstrak,
1. Pendahuluan,
2. Metode,
3. Hasil dan Pembahasan,
4. Kesimpulan,
Ucapan Terima Kasih
Daftar Pustaka

Judul Penelitian
Judul harus ringkas dan informatif, menggambarkan hasil penelitian dan variabel-variabel, serta hubungan antara variabel tersebut bisa dilihat dalam judul tersebut. Judul artikel hendaknya paling banyak 15 kata.
Abstrak
Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris, berisi uraian singkat pentingnya penelitian, tujuan penelitian, metodologi, hasil utama dan kesimpulan. Abstrak berisi ringkasan artikel dan berisi ide-ide pokok yang membuat pembaca tertarik dan berminat untuk membacanya (eye catching). Dibawah paragraf abstrak dicantumkan Keywords (kata kunci) maksimal 6 kata kunci. Kata kunci yang ditulis haraus khusus dan yang sering dipakai dalam artikel. Kata kunci akan digunakan untuk keperluan pengindeksan.
Pendahuluan
Bagian ini berisi latar belakang, alasan penelitian, rumusan masalah, pernyataan tujuan, dan organisasi penulisan. Adapun penulisannya tidak memakai sub judul (sub-heading).
Metode
Bagian ini memuat langkah-langkah peneliti dalam melakukan penelitian, disajikan secara lengkap namun padat. Kalau melakukan pendataan harus dijelaskan mulai dari metoda pengambilan sampel sampai dengan teknik analisis. Pada bagian ini dapat ditambahkan bagian kerangka teori yang akan dibahas sebagai landasan teori yang akan digunakan pada metodologi untuk menghasilkan temuan sebagai hasil.
Hasil dan Pembahasan
Hasil dan pembahasan diungkapkan dengan padat dan jelas kerangka keilmuan yang diperoleh, bukan merupakan barisan tabel data atau gambar.
Kesimpulan
Bagian ini merupakan penutup artikel. Simpulan ditulis tanpa nomor, dan disajikan dalam bentuk paragraf. Implikasi dan keterbatasan penelitian juga disajikan dalam bentuk paragraf.
Ucapan Terima Kasih
Sekiranya diperlukan, dapat dituliskan ucapan terima kasih yang merupakan bentuk apresiasi adanya kontribusi dari perorangan maupun lembaga yang tidak bisa masuk sebagai penulis. Misalnya pemberi dana penelitian yang terkait dengan publikasi ini.
Daftar Pustaka
Semua kutipan dan rujukan yang digunakan oleh penulis harus disajikan dalam bagian ini secara konsisten dengan tulisan, gambar atau tabel yang dikutip. Daftar Pustaka ditulis secara berurutan menurut urutan kemunculan pada paper. Para penulis yang dirujuk sesuai pada daftar pustaka yang diberikan. Contoh penulisan diberikan pada Pedoman Penulisan JEPIN.

Periksa Sebelum Submit

Kami mohon penulis sedapatnya memeriksa kembali hal-hal berikut ini sebelum mengirimkan manuskrip untuk diterbitkan.

  1. Apakah manuskrip sudah ditulis dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar?
  2. Apakah manuskrip yang ditulis telah sesuai dengan format JEPIN? Dalam bagian ini, tidak harus tulisan tersebut sama persis dengan detail format yang ada pada JEPIN. Namun usahakan sebisa mungkin mengikuti aturan format yang disediakan minimal 5 halaman termasuk referensi.

  3. Apakah judul dan abstrak Anda ditulis dengan benar? Judul artikel dalam terbitan berkala ilmiah harus mencerminkan inti dari isi tulisan, spesifik, dan efektif yang diukur dari kelugasan penulisannya dan keinformatifannya. Judul tulisan maksimal 15 kata, tanpa Akronim atau singkatan. Sedangkan bagian Abstrak (100-300 kata) harus informatif dan mendeskripsikan secara jelas (tidak ada kutipan secara abstrak), berisi latar belakang singkat (tidak wajib ada, satu kalimat saja), tujuan penelitian, metode singkat (lokasi tidak perlu di abstrak), hasil penelitian singkat (Findings), dan simpulan singkat.

  4. Penulis dapat menggambarkan penjelasan masalah yang sudah ada (tercantum dalam Referensi) di bagian pendahuluan untuk memenuhi kriteria jurnal ilmiah yang memperkenalkan setiap hal baru, peningkatan, dll dari pengerjaan penelitian tersebut sebelum masalah pemecahan dilakukan atau diusulkan oleh penulis sebagai kontribusi yang signifikan.
  5. Hasil penelitian dan analisis TIDAK disajikan secara ringkas, tapi dipaparkan sejelas-jelasnya. Peningkatkan kualitas analisis dapat dilakukan dengan menyajikan perbandingan antara kinerja penelitian Anda dan penelitian lainnya. Hal ini sangat penting untuk membuktikan bahwa penelitian Anda memiliki nilai yang signifikan dan tidak terlalu sederhana.
  6. Pastikan naskah yang ditulis menggunakan referensi terbaru. Kami mengharapkan minimal 15 referensi primer (jurnal) dan 70-80% referensi yang digunakan adalah dari penelitian di 5 tahun terakhir.
  7. Apa kemungkinan yang dimaksud dari kutipan naskah Anda? Perlu diperhatikan segera bahwa kemampuan teknis Anda akan dievaluasi berdasarkan jumlah kutipan bukan didasarkan pada jumlah makalah yang diterbitkan. Oleh karena itu, penelitian Anda ini harus sangat jelas menggambarkan prestasi Anda sehingga orang lain dapat memahami kontribusi nyata yang Anda hasilkan.
  8. Apakah naskah itu ditulis dengan jelas? Apakah artikel menarik? Apakah penjelasan isi penelitian mengalir dengan baik dari satu bagian ke bagian lain ? Diharapkan Anda dapat membuat naskah yang ditulis pada konteks yang tepat. Tulisan harus mudah dipahami oleh para ahli yang berkualifikasi, tetapi di satu sisi hindari penggambaran fakta yang umum atau biasa (menggunakan referensi yang tepat sebagai gantinya). Seringkali naskah menerima ulasan negatif karena reviewer tidak mampu memahami naskah secara singkat dan ini adalah kesalahan penulis (bukan reviewer). Mohon diperhatikan jika reviewer mengalami kesulitan, maka pembaca lainnya juga akan menghadapi masalah yang sama dan sehingga naskah tidak dapat diterbitkan.
  9. Apakah Anda memiliki cukup referensi? Kami mengharapkan minimal 80% referensi utama untuk makalah yang berasal dari jurnal. Kutipan dari buku harus sangat minimal digunakan dan kutipan dari halaman web harus dihindari. Semua makalah dikutip harus dirujuk dalam teks naskah.
  10. Setiap kutipan harus ditulis sesuai urutan penampilannya dalam teks.

Mohon jangan submit naskah anda jika berupa artikel yang :

  1. tidak ada aspek-aspek saintifiknya
  2. tidak ada novelty atau kebaruannya atau orisinalitasnya
  3. sudah usang/basi
  4. merupakan duplikasi dari penelitian/artikel sebelumnya atau PLAGIAT
  5. berisi simpulan yang tidak benar

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Manuskrip yang ditulis telah sesuai dengan format JEPIN terbaru, minimal 5 halaman termasuk referensi.

     

  2. Judul artikel dalam terbitan berkala ilmiah sudah mencerminkan inti dari isi tulisan, spesifik, dan efektif yang diukur dari kelugasan penulisannya dan keinformatifannya. Judul tulisan maksimal 15 kata, tanpa Akronim atau singkatan. Sedangkan bagian Abstrak (100-300 kata) harus informatif dan mendeskripsikan secara jelas (tidak ada kutipan secara abstrak), berisi latar belakang singkat (tidak wajib ada, satu kalimat saja), tujuan penelitian, metode singkat (lokasi tidak perlu di abstrak), hasil penelitian singkat (Findings), dan simpulan singkat.
  3. Naskah yang ditulis menggunakan minimal 15 referensi. 70-80% referensi yang digunakan adalah dari penelitian di 5 tahun terakhir.
  4. Minimal 80% referensi utama adalah makalah yang berasal dari jurnal. Kutipan dari buku sudah sangat minimal digunakan dan tidak ada kutipan dari halaman web. Semua makalah dikutip harus dirujuk dalam teks naskah.
  5. Setiap kutipan sudah ditulis sesuai urutan penampilannya dalam teks.
  6. File yang akan dikirim dalam format doc/docx
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.