StageFright Celah keamanan Terbaru Pada OS Android

Stagefright merupakan sebuah ancaman yang berhasil ditemukan oleh Zimperium Mobile Security beberapa waktu yang lalu, Stagefright adalah sebuah ancaman yang cukup membahayakan para pengguna Tablet Pc dan Smartphone berbasis sitem operasi Android. Namun beberapa pihak mengklaim jika ancaman tersebut akan menyerang kepada perangkat yang masih menggunakan sistem operasi mobeli versi lama seperti Jelly Bean atau generasi – generasi sebelumnya.

Dan baru – baru ini Zimperium kembali menemukan ancaman terbaru yang konon jauh lebih berbahaya. Zimperium menemukan Stage fright 2.0, yang kini tidak hanya melakukan serangan melalui MMS saja akan tetapi kini sudah semakin canggih.

Stagefright 2.0 ini akan menyusup pada saat para pengguna perangkat Android berkunjung ke salah satu website yang menyediakan file audio dan video yang telah terinfeksi. Ketika file audio atau video tersebut di play atau di unduh maka si pelaku akan dengan mudah menyusup kedalam perangkat Android tersebut dan melakukan berbagai akses yang tidak diketahui oleh sang pengguna.

Meskipun sebelumnya beberapa produsen seperti Google, Samsung, HTC dan Motorola telah melakukan serangkaian perbaikan pada saat terdapat serangan Stagefright mulai menyebar melalui pesan MMS, namun serangan stagefright 2.0 ini diyakinin akan jauh lebih sulit untuk dicegah dan diperbaiki karena menyerang melalui website- website tertentu.

Pihak Zimperium mengungkapkan jika sebenarnya saat ini pihak Google telah menyadari akan terjadinya serangan dari stagefright 2.0 bahkan sejak Agustus lalu. Tim keamanan Android dari Google pun sudah mulai bekerja untuk dapat memberikan solusi terhadap ancaman infeksi virus yang membahayakan perangkat Tablet Pc dan Smartphone berbasis Android ini. Pihak Google pun berjanji akan menyajikan sistem keamanan yang jauh lebih baik pada sisem operasi terbarunya. Diketahui pula Google telah menyiapkan sistem operasi terbaru dari Android yaitu versi Marshmallow.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.