APLIKASI JARINGAN SYARAF TIRUAN UNTUK MEMPREDIKSI VOLUME PEMAKAIAN AIR BERSIH DI KOTA PONTIANAK

Meishytah Eka Aprilianti, Dedi Triyanto, Ilhamsyah

Abstract


Jaringan syaraf tiruan merupakan suatu metode yang telah banyak digunakan untuk memecahkan berbagai permasalahan, salah satunya adalah untuk melakukan proses prediksi. Aplikasi yang dibangun pada penelitian ini menggunakan jaringan syaraf tiruan metode backpropagation dan diaplikasikan menggunakan perangkat lunak Microsoft Visual Studio 2010

Pada penelitian ini jaringan syaraf tiruan digunakan untuk memprediksi volume pemakaian air di lima kecamatan yang ada di kota pontianak, yaitu kecamatan Pontianak kota, kecamatan Pontianak barat, kecamatan Pontianak timur, kecamatan Pontianak utara dan kecamatan Pontianak selatan. Data masukan yang digunakan adalah faktor-faktor yang mempengaruhi pemakaian air bersih PDAM, dimana dalam penelitian ini faktor-faktor yang digunakan adalah jumlah populasi, jumlah penggunaan meteran air pelanggan dan besar curah hujan.Data yang digunakan pada penelitian ini berjumlah masing-masing 24 data pada setiap kecamatan. Data tersebut dibagai menjadi 2 yaitu, 18 data untuk proses pelatihan dan 6 data untuk proses pengujian.

Percobaan dilakukan sebanyak 8 kali dengan menggunakan konfigurasi jaringan syaraf tiruan yang berbeda-beda dan hasil terbaik yang didapat yaitu pengujian dengan menggunakan 3 buah masukan, 1 buah lapisan tersembunyi dengan 45 neuron pada lapisan tersembunyi dan 1 buah keluaran dengan maksimum iterasi 15000. Nilai keakuratan yang didapat sebesar 94% atau 6% nilai rata-rata error.

Kata kunci:Jaringan Saraf Tiruan, Algoritma Backpropagation,Prediksi, Volume Pemakaian Air, PDAM.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.