RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PENGUKURAN KUALITAS LAYANAN AKADEMIK MENGGUNAKAN MODEL SERVQUAL

Nazilah , Ilhamsyah , Syahru Rahmayuda

Abstract


Kualitas layanan merupakan hal yang penting bagi suatu perusahaan atau instansi, pada instansi pendidikan khususnya perguruan tinggi kualitas layanan akademik akan berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk membangun sistem informasi manajemen pengukuran kualitas layanan akademik dengan menggunakan metode servqual (service quality). Pada metode servqual terdapat 5 dimensi yaitu tangible, reliability, responsive, assurance dan empaty, yang kemudian akan dilakukan pemetaan indikator untuk dijadikan pertanyaan yang akan disebar secara online kepada mahasiswa FMIPA Untan dengan penilaian kinerja dan harapan layanan akademik. Dari hasil penyebaran kuesioner akan dilakukan perhitungan secara sistematis ke dalam sistem yang akan menghasilkan dashboard kualitas layanan. Hasil penelitian yang dilakukan terdapat 96 mahasiswa yang mengisi kuesioner maka dapat menghasilkan nilai rata-rata dari kinerja 2,604 dibandingkan dengan nilai rata-rata dari harapan 3,556 menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki harapan lebih yang lebih besar dari kinerja dari pelayanan akademik FMIPA yang berikan kepada mahasiswa. Begitupula dengan nilai kepuasan dari tangible, reliability, responsive, assurance dan empaty dengan tingkat kepuasan 0,740 atau 74% yang menunjukkan bahwa pelayanan yang diterima mahasiswa cukup puas. 

Kata Kunci: Sistem Informasi Manajemen, Layanan Akademik, Servqual.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.