PENENTUAN KELOMPOK KUALITAS SEKOLAH DENGAN METODE FUZZY C-MEANS BERDASARKAN NILAI UJIAN DAN RAPOR

Indri Irawati , Sampe Hotlan Sitorus

Abstract


Penelitian ini merupakan pembuatan sistem informasi berbasis website berupa pengelompokan kualitas sekolah berdasarkan nilai ujian dan rapor yang bentuk penilaiannya terfokus pada jurusan IPA dan IPS. Penilaian khusus terhadap siswa dilakukan untuk meningkatkan kualitas intelektual siswa dan kualitas sekolah. Masalah umum dalam penelitian ini berupa implementasi algoritma Fuzzy C-Means untuk pengelompokan sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Fuzzy C-Means, yaitu suatu teknik pengclusteran data yang keberadaan tiap-tiap titik data dalam suatu cluster ditentukan oleh derajat keanggotaan. Hasil dari penelitian ini merupakan derajat keanggotaan untuk tiap-tiap titik data. Pengelompokan sekolah dibagi menjadi 3 kelompok yaitu cluster 1, cluster 2 dan cluster 3. Hasil perhitungan jurusan IPA berhenti pada iterasi ke-69, cluster 1 terdapat 5 sekolah, cluster 2 terdapat 6 sekolah dan cluster 3 terdapat 3 sekolah. Hasil perhitungan jurusan IPS berhenti pada iterasi ke-111, cluster 1 terdapat 11 sekolah, cluster 2 terdapat 5 sekolah dan cluster 3 terdapat 3 sekolah.

 

Kata Kunci : Kelompok kualitas sekolah, Fuzzy C-Means, cluster, nilai ujian, rapor

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.