ANALISIS KUALITAS LAYANAN SISTEM INFORMASI SMART CITY GENCIL KOTA PONTIANAK MENGGUNAKAN INDIKATOR SMART CITY DAN MODEL WEBQUAL 4.0

Mira , Ilhamsyah , Nurul Mutiah

Abstract


Sistem Informasi Gencil salah satu pendukung Smart City yang melayani kebutuhan warga Pontianak seperti pencarian destinasi kuliner, informasi, keluhan terhadap pelayanan publik dan kondisi lingkungan. Kualitas layanan Sistem Informasi Gencil terhadap kebutuhan pengguna penting untuk diperhatikan. Penelitian ini diperlukan untuk mengukur kualitas layanan Sistem Informasi Gencil terhadap kepuasan pengguna. Teknik pengumpulan datanya adalah studi kasus, kuesioner, survei dan wawancara.. Metode analisis dengan memetakan indikator kualitas layanan sistem informasi yaitu indikator layanan, informasi, proses, kepuasan pengguna dan sistem.  Indikator kualitas layanan tersebut dihubungkan dengan indikator Smart City yang terdiri dari smart people, smart mobility, smart government, smart living dan smart economy. Selanjutnya indikator Smart City dimodifikasi ke dalam pertanyaan Webqual 4.0 yang yaitu indikator kegunaan, informasi dan interaksi. Adapun hasil pemetaan indikator layanan sistem informasi, Smart City dan Webqual 4.0 yaitu indikator kegunaan dengan nilai rata-rata 3.85 dalam kategori baik, informasi dengan nilai rata-rata 3.84 dalam kategori baik dan interaksi dengan nilai rata-rata 3.84 dalam kategori baik. Hasil pemetaan indikator sistem informasi, Smart Citydan Webqual 4.0 dapat mendukung Sistem Informasi Gencil. Hasil penelitian berupa roadmap untuk pengembangan konsep Smart City Kota Pontianakdibagi menjadi dua bagian yaitu jangka pendek 1 sampai 3 tahun dan jangka panjang 3 sampai 5 tahun.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.