GAME EDUKASI PENGENALAN BUDAYA DAN WISATA KALIMANTAN BARAT MENGGUNAKAN METDOE FINITE STATE MACHINE BERBASIS ANDROID

Haris Febriyanto Ramadhan , Sampe Hotlan Sitorus , Syahru Rahmayuda

Abstract


Game edukasi merupakan sarana yang digunakan untuk memperkenalkan wisata dan budaya dengan cara yang menarik di era perkembangan teknologi.  Pada penelitian ini dibuat dalam game edukasi yang mengenalkan wisata dan budaya di Kalimantan Barat yang bernama "Borneo Adventure" yang berisi 3 mini game yaitu pertanyaan, tebak gambar dan puzzle. Game dirancang melalui android studio untuk digunakan ke media smartphone khususnya android. Penelitian ini menggunakan metode Finite State Machine untuk mengatur tingkah laku sebuah aplikasi yang berisikan kondisi-kondisi dengan adanya aksi atau kejadian untuk berpindah ke kondisi tersebut. Hal tersebut digunakan pada mini game yang selalu menawarkan pilihan bermain game atau melanjutkan ke kota berikutnya sepanjang game masih berjalan. Pengujian Pengguna menghasilkan nilai 83,1 % dan masuk kategori layak sebagai media pengenalan wisata dan budaya Kalimantan Barat. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa game android "Borneo Adventure" memiliki kualitas yang layak sebagai media pengenalan dan mempermudah sehingga masyarakat ingin mengunjungi tempat wisata dan budaya di Kalimantan Barat.

Kata Kunci : Game, Wisata Budaya, borneo adventure, Finite State Machine.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.