RANCANG BANGUN APLIKASI TERAPI UNTUK MELATIH GERAK MOTORIK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS MENGGUNAKAN KINECT

Stella Putri P.S. , Ikhwan Ruslianto , Tedy Rismawan

Abstract


Anak berkebutuhan khusus (ABK) adalah anak dengan karakteristik khusus yang berbeda dengan anak pada umumnya. Karakteristik dan hambatan yang dimiliki menyebabkan mereka memerlukan bentuk pelayanan pendidikan yang disesuaikan dengan kemampuan dan potensinya. Salah satu metode yang digunakan dalam proses belajar ABK yaitu menggunakan media permainan yang menarik sehingga dapat meningkatkan aktifitas belajar mereka. Penelitian ini dilakukan untuk merancang dan membangun aplikasi untuk ABK menggunakan teknologi Kinect sebagai media terapi motorik yang interaktif. Kinect adalah produk dari Microsoft yang awalnya dibuat khusus untuk perangkat game Xbox 360 yang memperkenalkan teknologi motion gaming sebagai fitur utamanya. Dengan motion gaming pemain dapat berinteraksi ketika bermain tanpa menggunakan game controller sehingga pemain dapat bermain dengan menggunakan gerakan tangan atau gerakan tubuh lainnya. Pembuatan aplikasi ini menggunakan software utama game engine Unity3D dan Kinect SDK dengan bahasa pemrograman C#. Aplikasi diujicoba terhadap ABK yang menderita autisme dan tunagrahita ringan di Sekolah Luar Biasa (SLB) Dharma Asih Pontianak. Berdasarkan hasil pengujian dapat dinyatakan bahwa sebanyak 100% ABK menyatakan bahwa aplikasi yang dibuat memiliki tampilan yang bagus, 93,3% mudah dimainkan, 96,7% aplikasi merangsang untuk melatih gerak motorik dan 100% ABK menyatakan bahwa aplikasi menarik untuk digunakan sebagai sarana melatih gerak motorik.

 

Kata kunci : anak berkebutuhan khusus, motorik, motion gaming, Kinect, Unity3D

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.