IDENTIFIKASI PENYAKIT PADA TANAMAN TOMAT BERDASARKAN WARNA DAN BENTUK DAUN DENGAN METODE NAIVE BAYES CLASSIFIER BERBASIS WEB

Fahri Alviansyah , Ikhwan Ruslianto , Muhammad Diponegoro

Abstract


Tomat  merupakan salah satu tanaman hortilkultura di Indonesia yang sangat rentan terserang penyakit, sehingga pengenalan penyakit pada tanaman tomat diperlukan untuk mencegah kerusakan yang lebih lanjut. Penyakit yang menyerang tanaman tomat dapat disebabkan oleh bakteri, jamur maupun virus. Sebagian besar gejala penyakit dapat dilihat pada perubahan warna dan bentuk pada daun. Kebanyakan yang dilakukan petani adalah mengenali gejala dengan mata telanjang dan langsung mengambil tindakan tanpa tahu cara penanggulangannya. Dari permasalahan tersebut, dilakukan penelitian untuk mengidentifikasi penyakit pada tanaman tomat dengan melihat warna dan bentuk daun. Penelitian ini bertujuan untuk membuat suatu aplikasi identifikasi penyakit pada tanaman tomat yang memanfaatkan pengolahan citra digital dengan proses ekstraksi fitur warna HSV dan bentuk menggunakan metode deteksi tepi operator sobel dan metode Naive Bayes Classifier untuk proses identifikasi.  Berdasarkan hasil pengujian menggunakan 47 sampel citra daun, dimana masing-masing jenis daun digunakan 7 sampai 10 sampel citra, memberikan persentase keberhasilan dalam identifikasi sebesar 82,98%.

Kata kunci : penyakit tanaman tomat, citra digital, warna daun, bentuk daun, warna HSV, operator sobel, Naive Bayes Classifier.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.