MENGENAL LAYANAN IDENTIFIKASI KESULITAN BELAJAR DAN DIAGNOSIS KESULITAN BELAJAR SERTA HAMBATANNYA DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SEKOLAH

Yuline .

Abstract


Identifikasi kesulitan belajar merupakan kegiatan yang dilakukan oleh guru pada saat proses belajar mengajar. Kegiatan ini tujuannya untuk mengenal/meneliti gejala-gejala kesulitan belajar yang tampak pada siswa dalam rangka untuk memperkirakan sebab-sebab serta menetapkan apakah siswa yang mengalami gejala tsb perlu segera mendapat bantuan atau tidak. Sedangkan diagnosis kesulitan belajar adalah kelanjutan dari identifikasi kesulitan belajar, yaitu kegiatan untuk menemukan faktor penyebab yang melatar belakangi munculnya gejala, dilanjutkan menyusun program remidialnya dalam rangka memberi bantuan kepada siswa yang mengalami kesulitan belajar. Untuk melaksanakan kegiatan ini memerlukan suatu niat dan keikhlasan yang tulus bagi guru, karena akan menyita waktu dan tenaga.

Kata Kuci: Identifikasi, diagnosis, kesulitan belajar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.