POTRET GURU TAMAN KANAK-KANAK PROFESIONAL

Harun Rasyid

Abstract


Kompetensi guru taman kanak-kanak pada dasarnya secara generik sama dengan kompetensi guru pada satuan pendidikan di atasnya. Namun, penjabaran kompetensi secara spesifik sangat berbeda dengan guru pada satuan pendidikan lainnya, karena terkait dengan masa-masa perkembanagn dan pertumbuhan anak yang dijuluki sebagai masa emas (the golden age). Kompetensi guru TK secara generik meliputi tujuh kompetensi. Ketujuh konsep tersebut merupakan penjabaran dari kompetensi paedagogik yang bersifat spesifik sebagai ciri khusus guru taman kanak-kanak. Hal ini perlu disadari bahwa di TK tidak ada tujuan untuk mencapai prestasi akademik, apalagi sampai pada penetapan peringkat kejuaraan skolastik. Pada siswa TK yang ada hanya tingkat perkembangan dan pertumbuhan kemampuan.


Kata Kunci: Generic skills teaching, specific skills teaching


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.