IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PERNALARAN SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Guru kurang memperhatikan pengembangan penalaran dan kemampuan berpikir siswa dalam kegiatan pembelajaran dan kegiatan evaluasi pada pelajaran IPA. Pembelajaran dengan model yang dirancang ini memperhatikan konsep awal siswa, menekankan kemampuan minds-on dan hands-on, dan adanya kegiatan bersama. Hasil implementasi menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model yang dirancang dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa tentang konsep IPA yang dipelajari demikian juga dapat meningkatkan penalaran siswa/ kemampuan berpikir siswa. Selain itu tanggapan siswa terhadap pembelajaran ini sangat positif karena selain menarik dan menyenangkan juga dapat membantu siswa dalam proses belajar IPA. Selain itu yang lebih penting adalah terjadinya peningkatan kemampuan guru dalam mengajar IPA.
Kata Kunci: Pembelajaran, kompetensi, pernalaran
Kata Kunci: Pembelajaran, kompetensi, pernalaran
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.