MEMBANGUN DAN MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN NILAI, PEMBENTUKAN KARAKTER, DAN PEMBIASAAN SIKAP SISWA MELALUI PEMBELAJARAN AFEKTIF

Nuraini Asriati

Abstract


Seacara konseptual maupun empirik, diyakini bahwa afektif memegang peranan penting terhadap tingkat kesuksesan seseorang dalam bekerja dan kehidupan secara keseluruhan. Meskipun demikian, pembelajaran afektif justru lebih banyak dilakukan dan dikembangkan di luar kurikulum formal sekolah. Namun hingga saat ini dalam praktiknya, proses pembelajaran di sekolah lebih cenderung menekankan pada pencapaian perubahan aspek kognitif yang dilaksanakan dengan berbagai pendekatan, strategi dan model pembelajaran tertentu. Sementara pembelajaran secara khusus mengembangkan kemampuan efektif masih kurang mendapat perhatian serius hanya dijadikan sebagai efek pengiring atau hidden curriculum yang disisipkan pada pembelajaran utama. Sesungguhnya keberhasilan siswa kelak ditentukan 80% dari kecerdasan emosi dan 20% dari kecwerdasan intelektual. Oleh karena itu, hendaknya guru mampu merancang program pembelajaran dalam satuan pendidikan dengan memperhatikan ranah afektif yang merupakan salah satu karakteristik manusia sebagai hasil belajar, walaupun memerlukan waktu yang cukup lama.
Kata Kunci: Pendidikan Nilai, Pembelajaran Afektif


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.