PEMBELAJARAN KONSTEKSTUAL BERBASIS MASALAH BERORIENTASI PADA SCL DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Ada keprihatinan masyarakat tentang proses pembelajaran IPA di Kalimantan Barat. Pada umumnya, pengajaran lebih bersifat teacher centered daripada student centered. Akibatnya, kualitas hasil belajar siswa kurang memuaskan. Demikian juga kreativitas dan kemampuan berpikir kritis mereka kurang memadai. Penelitian tindakan kelas berorientasi pada SCL melalui pembelajaran kontekstual berbasis masalah yang dilaksanakan di SDN No. 10 Pal IX Kabupaten Pontianak dalam tahun ajaran 2008-2009 semester gazal diarahkan untuk menjawab keprihatinan itu. Sebanyak 35 orang siswa kelas V berpartisipasi dalam kedua siklus penelitian ini. Ditemukan bahwa para siswa ini lebih aktif dan kreatif, serta kemampuan menyelesaikan masalah mereka meningkat.
Kata Kunci: Pembelajaran Kontekstual Berbasis Masalah, SCL
Kata Kunci: Pembelajaran Kontekstual Berbasis Masalah, SCL
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.