ANALISIS PENGARUH PENANAMAN MODAL DALAM NEGERI (PMDN) DANTENAGA KERJA TERHADAP PENINGKATAN PDRB DI PROVINSI KALIMANTAN BARAT (Studi Kasus 10 Kabupaten/Kota di Kalimantan Barat)

D.JUMIATI A.S B01110049

Abstract


Penelitianini berjudul “Analisis Pengaruh Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dan Tenaga Kerja Terhadap Peningkatan PDRB Di Provinsi Kalimantan Barat (Studi Kasus 10 Kabupaten/Kota di Kalimantan Barat)â€. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengeluaran Pemerintah maupun swasta, yakni Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) serta tenaga kerja, terhadap peningkatan PDRB di Provinsi Kalimantan Barat periode 2010-2013.

Penelitian inimenggunakanmetodedeskriptifkuantitatifdengan mengunakan data sekunder yaitu data panel (cross sectiondantime series), yang diperoleh dari kantor Badan Pusat Statistik Kalimantan Barat. Alat analisis yang dipakai untuk mengolah data yaitu menggunakan Eviews 6. Observasi data sebanyak40dari 10 kabupaten di Provinsi Kalimantan Barat selamaperiode 2010sampai 2013.

Hasil regresi berganda dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Penanaman Modal dalam Negeri (PMDN) dan variabel tenaga kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan PDRB di Provinsi Kalimantan Barat.

Kata Kunci: Penanaman Modal dalam Negeri (PMDN), Tenaga Kerja,dan PDRB.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.