Efektivitas Dan Efesiensi Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor Serta Kontribusinya Terhadap PAD Provinsi Kalimantan Barat

RIKI MULYADI B01108091

Abstract


Penelitian tentang Efektivitas Dan Efesiensi Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor Serta Kontribusi Terhadap PAD Provinsi Kalimantan Baratâ€bertujuan untuk mengetahui efektivitas, efisiensi dan kontribusi Pajak Kendaraan Bermotor terhadap PAD Provinsi Kalimanatan Barat.

 

Objek penelitian ini adalah UPPD-UPPD di Kalimantan Barat untuk periode 2008-2011 dengan data diolah dari laporan Pajak Daerah. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif teknik analisis data yang dilakukan dalam pengolahan data yaitu menggunakan 3 (tiga) analisis yaitu analisis rasio,analisis DEAOS dan analisis kontribusi.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan perhitungan tiga analisis tersebut diketahui, efektifitas pajak kendaraan bermotor Provinsi Kalimantan Barat, Pajak kendaraan bermotor dapat dikatakan cukup baik. Ini terlihat dari rasio efektivitas penerimaan pajak kendaraan bemotor yang sebagian besar diatas 80% dan untuk Efisiensi penerimaan pajak Kalimantan Barat secara umum dapat dikatakann efisien. Tetapi jika dilihat dari data pertahun pada Kabupaten Kota di Kalimantan Barat malah terjadi in efisien. Kontribusi pajak kendaraan bermotor terhadap pendapatan asli daerah Provinsi Kalimantan Barat selama tahun 2008-2011 secara rata-rata berkisar antara 20-30% .

 

Kata kunci : Efektivitas, Efesiensi, Kontribusi dan Pajak Kendaraan Bermotor


Refbacks

  • There are currently no refbacks.