ANALISA POLA SETENGAH PENGANGGURAN DI KOTA PONTIANAK TAHUN 2009-2013

Sri Hartati B21109011

Abstract


Skripsi ini berjudul Analisis Pola Setengah Pengangguran Di Kota Pontianak Tahun 2009 – 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola setengah pengangguran di Kota Pontianak pada periode 2009-2013.

Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder hasil  pengolahan Sakernas (Survei Angkatan Kerja Nasional) Badan Pusat Statistik Kota Pontianak dalam bentuk tabulasi silang (persentase).

Dari hasil pengolahan data Sakernas menunjukkan adanya peningkatan jumlah setengah pengangguran di Kota Pontianak selama kurun waktu 2009 - 2013. Pada tahun 2009 persentase setengah pengangguran di Kota Pontianak sebesar 16,23 persen dari seluruh penduduk yang bekerja dan kemudian meningkat menjadi 27,99 persen pada tahun 2013. Hasil analisis deskriptif menemukan Pola setengah pengangguran di kota Pontianak menunjukkan bahwa persentase pekerja setengah pengangguran perempuan selalu lebih besar daripada laki-laki. Persentase pekerja usia diatas 65 tahun selalu lebih besar daripada kelompok umur 15-24 tahun dan 25-64 tahun. Persentase pekerja dengan status cerai hidup/cerai mati selalu lebih besar daripada status kawin dan belum kawin. Persentase pekerja dengan status istri selalu yang tertinggi dibandingkan dengan status dalam rumah tangga yang lain. Persentase pekerja dengan tingkat pendidikan SD ke bawah merupakan yang paling tinggi dibandingkan dengan pekerja berpendidikan lainnya, hanya pada tahun 2012 saja persentase tertinggi ada pada pekerja dengan pendidikan S2/S3. Persentase pekerja yang bekerja di sektor primer selalu yang tertinggi dibandingkan dengan pekerja di sektor lain. Persentase pekerja di sektor informal selalu lebih tinggi dibandingkan pekerja formal.

 

Kata Kunci; Pengangguran Terbuka, Setengah Pengangguran, Jam Kerja Normal .


Refbacks

  • There are currently no refbacks.