PENGARUH PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO, INFLASI DAN TINGKAT UPAH TERHADAP PENANAMAN MODAL ASING DAN PENANAMAN MODAL DALAM NEGERI DI INDONESIA

OMEGA PERKASA B01110084

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Produk Domestik Regional Bruto, Inflasi dan Tingkat Upah terhadap Penanaman Modal Asing dan Penanaman Modal Dalam Negeri di Indonesia.

Penelitian ini menggunakan metode explanatory research dengan mengunakan data panel (cross section dan time series) melalui pendekatan fixed effect model. Observasi data sebanyak 165 pada 33 Provinsi di Indonesia selama periode 2008 sampai 2012.

Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Produk Domestik Regional Bruto berpengaruh positif dan tidak signinifikan, Inflasi berpengaruh positif dan tidak signifikan, dan Tingkat Upah berpengaruh positif dan signifikan terhadap Penanaman Modal Asing di Indonesia, sedangkan Produk Domestik Regional Bruto berpengaruh positif dan signifikan, Inflasi berpengaruh positif dan signifikan, dan Tingkat Upah berpengaruh positif dan signifikan terhadap Penanaman Modal Dalam Negeri di Indonesia.

Kata Kunci : PMA,PMDN, produk domestik regional bruto, inflasi dan tingkat upah.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.