FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB TIDAK OPTIMALNYA PENANGANAN SAMPAH PADA KOTA PONTIANAK

KHAIRUL ANWARI B01107064

Abstract


Penelitian ini berjudul “Faktor-Faktor Penyebab Tidak Optimalnya Penanganan Sampah Pada Kota Pontianakâ€. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “faktor-faktor apa saja yang menyebabkan tidak optimalnya penanganan sampah di Kota Pontianakâ€. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi penyebab tidak optimalnya penanganan sampah dan untuk mengetahui tingkat kesadaran masyarakat dalam pengelolaan sampah rumah tangga serta untuk mengetahui upaya yang telah dilakukan Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Pontianak dalam penanganan sampah pada kota Pontianak. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif, yaitu metode penelitian yang menggambarkan sifat dari keadaan yang ada pada waktu penelitian ini dilakukan dan mencari penyebab dari gejala tertentu dengan menggunakan tekhnik pengumpulan data yaitu berupa wawancara (interview), dan kuisioner yang berkaitan dengan penelitian ini. Populasi dalam penelitian ini adalah semua rumah tangga yang berada di Kota Pontianak yaitu berjumlah 131.121 KK. Jumlah sampel ditentukan sebanyak 60 sampel dari jumlah populasi yang ada.

Hasil analisis data menunjukkan bahwa faktor-faktor penyebab tidak optimalnya penanganan sampah di Kota Pontianak antara lain : Jumlah sampah yang meningkat setiap hari, masih kuranganya sarana dan prasarana, masyarakat masih kurang menyadari bahwa pentingnya membuang sampah pada tempatnya serta jarak tempuh tempat pembuangan sampah yang jauh.

Upaya yang telah dilakukan Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Pontianak dalam penanganan sampah pada Kota Pontianak, di rasakan belum optimal kendatipun telah diberikan alternatif program dalam penanganan sampah di Kota Pontianak seperti : Bank Sampah, IPLT Tinja dan Rumah Kompos. Hal itu di karenkan dalam mensosialisikan program-program kepada masyarak masih terasa kurang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.