Analisis Jumlah Anak yang Diinginkan Oleh Pasangan Usia Subur (PUS) di Kota Pontianak

Jessica B01110008

Abstract


Judul dari penelitian ini adalah “Analisis Jumlah Anak yang Diinginkan Oleh Pasangan Usia Subur (PUS) di Kota Pontianakâ€. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan permintaan anak pada Pasangan Usia Subur (PUS) menurut etnis dan agama di Kota Pontianak serta menganalisis hubungan antara umur, pendidikan, dan penghasilan terhadap permintaan anak pada Pasangan Usia Subur (PUS) di Kota Pontianak.

Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari responden wanita dari Pasangan Usia Subur (PUS) di Kota Pontianak melalui kuesioner, sedangkan data sekunder diperoleh dari instansi terkait seperti BPS dan BKKBN. Metode penelitian menggunakan Chi Square dan Contingency Coefficient.

Hasil penelitian menemukan bahwa tidak ada perbedaan jumlah anak yang diinginkan oleh Pasangan Usia Subur (PUS) etnis Tionghoa, Melayu, Jawa, dan Madura di Kota Pontianak, tidak terdapat perbedaan jumlah anak yang diinginkan oleh Pasangan Usia Subur (PUS) beragama Islam dan non Islam di Kota Pontianak. Kemudian tidak ada hubungan antara umur dengan jumlah anak yang diinginkan oleh Pasangan Usia Subur (PUS) di Kota Pontianak. Tingkat pendidikan dan penghasilan mempunyai hubungan negatif terhadap jumlah anak yang diinginkan oleh Pasangan Usia Subur (PUS) di Kota Pontianak.

Kata Kunci : Jumlah Anak yang Diinginkan, Pasangan Usia Subur (PUS), Etnis, Agama, Umur, Pendidikan, Penghasilan, Kota Pontianak.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.