FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT NASABAH MEMILIH PT. PEGADAIAN (Persero) CP SYARIAH A.YANI PONTIANAK SEBAGAI ALTERNATIF MEMPEROLEH KREDIT

DIAH SAWITRI B21108050

Abstract


Penelitian ini menggunakan metode survey dengan teknik wawancara langsung kepada sejumlah responden untuk mendapatkan jawaban (respon). Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling, jumlah sampel yang digunakan adalah 99 responden. Variabel yang diamati adalah pengaruh antara pendapatan responden, tarif ijarah dan pelayanan yang diberikan oleh PT. Pegadaian (Persero) CP Syariah A. Yani Pontianak terhadap minat nasabah memilih PT. Pegadaian (Persero) CP Syariah A. Yani Pontianak sebagai alternative memperoleh kredit.

Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor-faktor meliputi pendapatan responden dan pelayanan berpengaruh terhadap minat nasabah memilih PT. Pegadaian (Persero) CP Syariah A. Yani Pontianak sebagai alternatif memperoleh kredit. Hal ini menandakan bahwa pendapatan yang diterima responden belum dapat memenuhi kebutuhan pokok maupun kebutuhan lainnya diluar kebutuhan pokok serta pelayan  yang diberikan oleh pihak pegadaian juga baik sehingga membuat nasabah nyaman. Sedangkan faktor lainnya yaitu tarif ijarah tidak berpengaruh terhadap minat nasabah memilih PT. Pegadaian (Persero) CP Syariah A. Yani Pontianak sebagai alternatif memperoleh kredit dikarenakan nasabah memang memerlukan uang tambahan sehingga besarnya tarif ijarah tidak diperhitungkan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.