Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO), Non Performing Loan (NPL), dan Loan to Deposit Ratio (LDR) terhadap Return On Assets (ROA) pada Bank Umum di Kalimantan Barat

Diago Ringga Moniaga B01110020

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Biaya Operasional Terhadap Pendapatan Operasional (BOPO), Non Performing Loan (NPL), dan Loan to Deposit Ratio (LDR) terhadap Return On Assets (ROA) yang terdapat di Kalimantan Barat yang terjadi dari periode Januari 2008 hingga Desember 2012.

Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari data yang diterbitkan oleh Bank Indonesia setiap bulan dari periode Januari 2008 sampai dengan Desember 2012. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda dan uji hipotesis menggunakan t-statistik untuk menguji koefisien regresi parsial serta f-statistik untuk menguji pengaruh secara bersama-sama dengan level of significance 5%. Selain itu juga dilakukan uji asumsi klasik yang meliputi uji autokorelasi, uji normalitas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas.

Selama periode pengamatan menunjukkan bahwa data penelitian berdistribusi normal. Berdasarkan uji autokorelasi, uji multikolinieritas dan uji heteroskedastisitas tidak ditemukan variabel yang menyimpang dari asumsi klasik, hal ini menunjukkan bahwa data yang tersedia telah memenuhi syarat untuk menggunakan model persamaan regresi linier berganda. Untuk hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa variabel CAR dan LDR berpengaruh positif dan signifikan terhadap ROA, sementara BOPO berpengaruh negatif dan signifikan terhadap ROA, dan NPL berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap ROA.

Kata Kunci     : Return On Assets (ROA), Capital Adequacy Ratio (CAR), Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO), Non Performing Loan (NPL), dan Loan to Deposit Ratio (LDR).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.