PENGARUH PENANAMAN MODAL ASING (PMA) DAN PENANAMAN MODAL DALAM NEGERI (PMDN) TERHADAP PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO (PDRB) DI KALIMANTAN BARAT

DEWINDA B01107097

Abstract


Penelitian ini berjudul pengaruh penanaman modal asing (PMA) dan penanaman modal dalam negeri (PMDN) terhadap produk domestik regional bruto (PDRB) di Kalimantan Barat. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh PMA dan PMDN terhadap PDRB.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif yang menggunakan model-model matematis untuk menyajikan suatu fakta atau mendeskripsikan statistik untuk menunjukkan hubungan antar variabel yaitu pengaruh penanaman modal asing dan penanaman modal dalam negeri terhadap produk domestik regional bruto di Kalimantan Barat.

Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa variabel PMA dan PMDN di kabupaten/kota di Kalimantan Barat berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel PDRB. Sementara itu, secara prosedural, variabel PMA tidak berpengaruh signifikan terhadap PDRB sedangkan PMDN berpengaruh positif dan signifikan terhadap PDRB.

Nilai koefisien PMA  sebesar 0,029 menunjukkan bahwa kenaikan PMA sebesar Rp 1 Milliyar  akan meningkatkan PDRB sebesar  29 juta rupiah dan nilai koefisien PMDN sebesar 0,38 menunjukkan bahwa kenaikan PMDN sebesar Rp 1 milliyar  akan meningkatkan PDRB sebesar 380 juta rupiah. Hasil diatas juga menunjukkan bahwa nilai statistik t untuk variabel PMA sebesar 0,23 dan nilai statistik t untuk variabel PMDN sebesar 3,98. Hasil dari pengolahan data menunjukan variabel PMA tidak berpengaruh signifikan terhadap PDRB sedangkan PMDN berpengaruh positif dan signifikan terhadap PDRB.

 

 

 

 

Kata kunci : Penanaman  Modal Asing, Penanaman Modal dalam Negeri, dan Produk Domestik Regional Bruto.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.